KAJIAN KUALITAS PELAYANAN KLINIK KESEHATAN MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.32497/ab.v18i2.1208Abstract
Kesehatan sangat diperlukan untuk meningkatkan prestasi belajar. Politeknik Negeri Semaraangmerupakan salah satu perguruan tinggi yang melengkapi fasilitas untukmahasiswanya dengan
menyediakan Klinik Kesehatan yang dimaksudkan untuk memberikan pertolongan dan
pengobatan kepada mahasiswa. Meskipun fasilitas yang diperlukan sudah disdiakan bukan
berarti pelayanan yang diberikan/ diterima mahasiswa telah memuaskan, oleh karena itu perlu
dilakukan penelitian untuk mengetahui apakah pelayanan klinik Polines telah memuaskan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Poliklinik Politeknik Negeri Semarang
yang terdiri dari variable Bukti fisik (X1), Keandalan (X2), Daya tanggap (X3), Jaminan (X4),
Empati (X5) berpengaruh positif terhadap Kepuasan mahasiswa pengguna jasa klinik (Y),
namun yang pengaruhnya signifikan hanyalah variable Jaminan (X4), dan variable Empati
(X5). Untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa disarankan kepada pengelola Poliklinik Polines
untuk meningkatkan unsur seperti pada indicator kedua variable tersebut yaitu Meningkatkan
keramahan petugas, Meningkatkan kemampuan menjelaskan diagnosa keluhan, Menyediakan
obat obatan yang lebih lengkap (vaeiabel Jaminan), Petugas harus melayani dengan lebih baik
semua keperluan pasien, Petugas harus lebih memberikan perhatian penuh kepada mahasiswa
pasien/pengunjung, dan Petugas harus lebih tidak membeda-bedakan dalam memberikan
pelayanan kepada mahasiswa pasien/pengunjung (variable Empaty).
Downloads
Published
2018-10-19
Issue
Section
Articles
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.