SCALE UP NILAI JUAL MARKETING UMKM MASYARAKAT KEBAKKRAMAT, KABUPATEN KARANGANYAR JAWA TENGAH MELALUI SMART BOOTH PORTABLE, PENDAMPINGAN HPP DAN DIGITAL MARKETING
DOI:
https://doi.org/10.32497/sitechmas.v6i2.6222Keywords:
Smart booth portable, Harga Pokok Penjualan, UMKM, Digital MarketingAbstract
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berperan penting sebagai penggerak perekonomian Indonesia. Pengelolaan UMKM di Indonesia ini memiliki masalah keterbatasan pengetahuan untuk menghitung harga pokok penjualan yang tepat karena tidak memahami konsep Harga Pokok Penjualan (HPP). Untuk menghadapi permasalahan tersebut, para pelaku UMKM perlu memahami konsep HPP guna mengoptimalkan keuntungan dan meninimalisir kerugian usaha. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ini adalah studi kepustakaan dan studi lapangan. Sedangkan teknik analisis
pengabdian masyarakat terdiri atas tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Hasil penelitian dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan yang relevan kepada masyarakat tentang urgensi dari adanya pencatatan keuangan dalam berwirausaha. Melalui kegiatan ini, pemahaman masyarakat tentang konsep HPP dalam mengoptimalkan usaha UMKM meningkatReferences
Ardiana, T. E., & Ulfah, I. F. (2023). Pendampingan penyusunan harga pokok produksi bagi pelaku UMKM di Kabupaten Ponorogo. Jurnal BUDIMAS, 5(2), 1”“10.
Handayani, R. (2020). Sosialisasi penghitungan harga pokok penjualan dan harga jual produk pada industri lettering dan olahan makanan di Kota Surakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kewirausahaan Indonesia, 6(1), 1”“8.
Hardana, A., Nasution, J., & Damisa, A. (2022). Pelatihan manajemen usaha dalam meningkatkan usaha UMKM kuliner. Medani: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16”“22. https://doi.org/10.59086/jpm.v1i1.87
Indriani, M. P., Dumadi, & Wulandari, H. K. (2022). Sosialisasi penentuan harga pokok produksi dalam menunjang kesuksesan UMKM di Desa Parereja. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Dan Teknologi, 1(2), 57”“66. https://doi.org/10.58169/jpmsaintek.v1i3.23
Mulyani, S., Gunawan, B., & Nurkamid, M. (2021). Pelatihan perhitungan harga pokok produksi bagi UMKM Kabupaten Pati. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 181”“187. https://doi.org/10.25134/empowerment.v4i02.4526
Odi, S., & Paramitalaksmi, R. (2024). Peningkatan kualitas laporan keuangan UMKM kuliner tradisional di Yogyakarta. Jurnal Manajemen Kreatif Dan Inovasi, 2(1), 60”“65. https://doi.org/10.59581/jmki-widyakarya.v2i1.2076
Prasetyo, T., Maharani, K. M., & Triesdianto, K. A. (2024). Sosialisasi perhitungan harga pokok penjualan kepada UMKM di Stasiun Gondangdia, Jakarta Pusat. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 47”“54.
Rusli, T. S., Bosri, Y., Amelia, D., Rahayu, D., Setiaji, B., Suhadarliyah, S., Syarfina, A., Ansar, S., Syahruddin, A., Amiruddin, & Yuniwati, I. (2024). Pengantar metodologi pengabdian masyarakat Dalam Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf
Widyastuti, I., & Mita, D. (2018). Akuntansi perhitungan harga pokok penjualan dengan metode pesanan untuk menentukan harga jual. Jurnal Moneter, 5(1), 74”“85. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/moneter/article/view/3232
Yustitia, E., & Adriansah, A. (2022). Pendampingan penentuan harga pokok produksi (HPP) dan harga jual pada UMKM di Desa Sawahkulon. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1”“9. https://doi.org/10.32764/abdimas_ekon.v3i1.2506
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Hilirisasi Technology kepada Masyarakat (SITECHMAS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


