SCALE UP NILAI JUAL MARKETING UMKM MASYARAKAT KEBAKKRAMAT, KABUPATEN KARANGANYAR JAWA TENGAH MELALUI SMART BOOTH PORTABLE, PENDAMPINGAN HPP DAN DIGITAL MARKETING

Authors

  • Roselina Rahmawati Politeknik Negeri Semarang
  • Dianita Ratna K Politeknik Negeri Semarang
  • Maharani Rona Makom Politeknik Negeri Semarang
  • Afandi Nur Aziz Thohari Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32497/sitechmas.v6i2.6222

Keywords:

Smart booth portable, Harga Pokok Penjualan, UMKM, Digital Marketing

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berperan penting sebagai penggerak perekonomian Indonesia. Pengelolaan UMKM di Indonesia ini memiliki masalah keterbatasan pengetahuan untuk menghitung harga pokok penjualan yang tepat karena tidak memahami konsep Harga Pokok Penjualan (HPP). Untuk menghadapi permasalahan tersebut, para pelaku UMKM perlu memahami konsep HPP guna mengoptimalkan keuntungan dan meninimalisir kerugian usaha. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ini adalah studi kepustakaan dan studi lapangan. Sedangkan teknik analisis

pengabdian masyarakat terdiri atas tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Hasil penelitian dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan yang relevan kepada masyarakat tentang urgensi dari adanya pencatatan keuangan dalam berwirausaha. Melalui kegiatan ini, pemahaman masyarakat tentang konsep HPP dalam mengoptimalkan usaha UMKM meningkat

References

Ardiana, T. E., & Ulfah, I. F. (2023). Pendampingan penyusunan harga pokok produksi bagi pelaku UMKM di Kabupaten Ponorogo. Jurnal BUDIMAS, 5(2), 1”“10.

Handayani, R. (2020). Sosialisasi penghitungan harga pokok penjualan dan harga jual produk pada industri lettering dan olahan makanan di Kota Surakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kewirausahaan Indonesia, 6(1), 1”“8.

Hardana, A., Nasution, J., & Damisa, A. (2022). Pelatihan manajemen usaha dalam meningkatkan usaha UMKM kuliner. Medani: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16”“22. https://doi.org/10.59086/jpm.v1i1.87

Indriani, M. P., Dumadi, & Wulandari, H. K. (2022). Sosialisasi penentuan harga pokok produksi dalam menunjang kesuksesan UMKM di Desa Parereja. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Dan Teknologi, 1(2), 57”“66. https://doi.org/10.58169/jpmsaintek.v1i3.23

Mulyani, S., Gunawan, B., & Nurkamid, M. (2021). Pelatihan perhitungan harga pokok produksi bagi UMKM Kabupaten Pati. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 181”“187. https://doi.org/10.25134/empowerment.v4i02.4526

Odi, S., & Paramitalaksmi, R. (2024). Peningkatan kualitas laporan keuangan UMKM kuliner tradisional di Yogyakarta. Jurnal Manajemen Kreatif Dan Inovasi, 2(1), 60”“65. https://doi.org/10.59581/jmki-widyakarya.v2i1.2076

Prasetyo, T., Maharani, K. M., & Triesdianto, K. A. (2024). Sosialisasi perhitungan harga pokok penjualan kepada UMKM di Stasiun Gondangdia, Jakarta Pusat. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 47”“54.

Rusli, T. S., Bosri, Y., Amelia, D., Rahayu, D., Setiaji, B., Suhadarliyah, S., Syarfina, A., Ansar, S., Syahruddin, A., Amiruddin, & Yuniwati, I. (2024). Pengantar metodologi pengabdian masyarakat Dalam Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf

Widyastuti, I., & Mita, D. (2018). Akuntansi perhitungan harga pokok penjualan dengan metode pesanan untuk menentukan harga jual. Jurnal Moneter, 5(1), 74”“85. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/moneter/article/view/3232

Yustitia, E., & Adriansah, A. (2022). Pendampingan penentuan harga pokok produksi (HPP) dan harga jual pada UMKM di Desa Sawahkulon. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1”“9. https://doi.org/10.32764/abdimas_ekon.v3i1.2506

Downloads

Published

2025-10-30