Pelatihan Guru Sebagai Agen Perubahan Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Yang Terintegrasi Dengan Kurikulum Merdeka Era Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.32497/sitechmas.v6i2.6106Keywords:
Teacher training, Change agents, Project-based learning, Curriculum in the era of society 5.0Abstract
Pembelajaran yang efektif memerlukan pemahaman mendalam tentang tantangan yang dihadapi oleh guru. Identifikasi permasalahan ini penting untuk mengembangkan strategi dan solusi yang dapat meningkatkan kondisi pembelajaran. Situasi geografis dan kondisi mitra (SIKL) dapat mempengaruhi pengalaman guru dalam menghadapi tantangan tersebut, termasuk keterbatasan sumber daya finansial dan fisik, seperti buku teks, perlengkapan laboratorium, dan fasilitas olahraga.
Pelatihan guru sebagai agen perubahan melalui pembelajaran berbasis proyek yang terintegrasi dengan Kurikulum Merdeka dalam era Society 5.0 merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Seminar yang difokuskan pada konsep pembelajaran berbasis proyek dapat memperkenalkan metode inovatif yang membantu siswa menghadapi tuntutan masyarakat modern dan mengembangkan keterampilan abad ke-21, seperti kreativitas, kolaborasi, dan pemecahan masalah. Program pengabdian masyarakat yang diinisiasi oleh Prodi Pendidikan Bisnis FEB Universitas Negeri Surabaya bertujuan untuk memperkenalkan dan mengimplementasikan pembelajaran berbasis proyek di Indonesia. Metode ini memungkinkan siswa terlibat aktif dalam proses belajar dan meningkatkan keterampilan mereka. Pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru melalui workshop, seminar, dan mentoring dapat memperkaya pengalaman mereka, berbagi strategi terbaik, dan memperoleh wawasan baru yang dapat diterapkan dalam kelas. Dukungan dari institusi pendidikan dan penyedia sumber daya juga sangat penting dalam meningkatkan kompetensi guru.References
Anggoro, S., Harmianto, S., & Yuwono, P. D. (2018). Upaya meningkatkan kemampuan pedagogik guru melalui pelatihan pembelajaran tematik sains menggunakan inquiry learning process dan science activity based daily life. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(1), 29”“35. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i1.1844
Fernandes, C., Ferreira, J. J., Veiga, P. M., Kraus, S., & Dabić, M. (2022). Digital entrepreneurship platforms: Mapping the field and looking towards a holistic approach. Technology in Society, 70(April). https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2022.101979.
Isa, M. U., Kamin, Y. Bin, & Lawal, U. (2020). Integrating project based learning components into woodwork technology education curriculum at colleges of education in Nigeria. Universal Journal of Educational Research, 8(5 A), 63”“72. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081910
Kalla, M., Jerowsky, M., Howes, B., & Borda, A. (2022). Expanding Formal School Curricula to Foster Action Competence in Sustainable Development: A Proposed Free-Choice Project-Based Learning Curriculum. Sustainability (Switzerland), 14(23). https://doi.org/10.3390/su142316315
Krsmanovic, M. (2021). Course Redesign: Implementing Project-Based Learning to Improve Students”™ Self-Efficacy. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 21(2), 93”“106. https://doi.org/10.14434/josotl.v21i2.28723.
Lingga, P. (1989). Bertanam Ubi””Ubian (2nd ed.). Penebar Swadaya.
Malyuga, E. N., & Petrosyan, G. O. (2022). Effective Integration of Distance Courses Through Project-Based Learning. Frontiers in Education, 6(January), 1”“9. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.788829.
Minarni, E. W., Utami, D. S., & Prihatiningsih, N. (2017). Pemberdayaan kelompok wanita tani melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan dengan budidaya sayuran organik dataran rendah berbasis kearifan lokal dan berkelanjutan. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 1(2), 147”“154. https://doi.org/10.30595/jppm.v1i2.1949
Suharyat, Y., Desy, D., Santosa, T. A., Sofianora, A., & Manahor, A. (2023). Meta-analysis study: The effect of the independent curriculum integrated project based learning model on student learning outcomes in natural science materials. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 5(2). https://doi.org/10.33292/petier.v5i2.164.
Vesikivi, P., Lakkala, M., Holvikivi, J., & Muukkonen, H. (2020). The impact of project-based learning curriculum on first-year retention, study experiences, and knowledge work competence. Research Papers in Education, 35(1), 64”“81. https://doi.org/10.1080/02671522.2019.1677755
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Hilirisasi Technology kepada Masyarakat (SITECHMAS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


