Pelatihan Guru Sebagai Agen Perubahan Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Yang Terintegrasi Dengan Kurikulum Merdeka Era Society 5.0

Authors

  • Angga Martha Mahendra Universitas Negeri Surabaya
  • Raya Sulistyowati
  • Veni Rafida
  • Septyan Budy Cahya
  • Danis Maulia
  • Khoirotul Amaliyah

DOI:

https://doi.org/10.32497/sitechmas.v6i2.6106

Keywords:

Teacher training, Change agents, Project-based learning, Curriculum in the era of society 5.0

Abstract

Pembelajaran yang efektif memerlukan pemahaman mendalam tentang tantangan yang dihadapi oleh guru. Identifikasi permasalahan ini penting untuk mengembangkan strategi dan solusi yang dapat meningkatkan kondisi pembelajaran. Situasi geografis dan kondisi mitra (SIKL) dapat mempengaruhi pengalaman guru dalam menghadapi tantangan tersebut, termasuk keterbatasan sumber daya finansial dan fisik, seperti buku teks, perlengkapan laboratorium, dan fasilitas olahraga.

Pelatihan guru sebagai agen perubahan melalui pembelajaran berbasis proyek yang terintegrasi dengan Kurikulum Merdeka dalam era Society 5.0 merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Seminar yang difokuskan pada konsep pembelajaran berbasis proyek dapat memperkenalkan metode inovatif yang membantu siswa menghadapi tuntutan masyarakat modern dan mengembangkan keterampilan abad ke-21, seperti kreativitas, kolaborasi, dan pemecahan masalah. Program pengabdian masyarakat yang diinisiasi oleh Prodi Pendidikan Bisnis FEB Universitas Negeri Surabaya bertujuan untuk memperkenalkan dan mengimplementasikan pembelajaran berbasis proyek di Indonesia. Metode ini memungkinkan siswa terlibat aktif dalam proses belajar dan meningkatkan keterampilan mereka. Pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru melalui workshop, seminar, dan mentoring dapat memperkaya pengalaman mereka, berbagi strategi terbaik, dan memperoleh wawasan baru yang dapat diterapkan dalam kelas. Dukungan dari institusi pendidikan dan penyedia sumber daya juga sangat penting dalam meningkatkan kompetensi guru.

References

Anggoro, S., Harmianto, S., & Yuwono, P. D. (2018). Upaya meningkatkan kemampuan pedagogik guru melalui pelatihan pembelajaran tematik sains menggunakan inquiry learning process dan science activity based daily life. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(1), 29”“35. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i1.1844

Fernandes, C., Ferreira, J. J., Veiga, P. M., Kraus, S., & Dabić, M. (2022). Digital entrepreneurship platforms: Mapping the field and looking towards a holistic approach. Technology in Society, 70(April). https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2022.101979.

Isa, M. U., Kamin, Y. Bin, & Lawal, U. (2020). Integrating project based learning components into woodwork technology education curriculum at colleges of education in Nigeria. Universal Journal of Educational Research, 8(5 A), 63”“72. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081910

Kalla, M., Jerowsky, M., Howes, B., & Borda, A. (2022). Expanding Formal School Curricula to Foster Action Competence in Sustainable Development: A Proposed Free-Choice Project-Based Learning Curriculum. Sustainability (Switzerland), 14(23). https://doi.org/10.3390/su142316315

Krsmanovic, M. (2021). Course Redesign: Implementing Project-Based Learning to Improve Students”™ Self-Efficacy. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 21(2), 93”“106. https://doi.org/10.14434/josotl.v21i2.28723.

Lingga, P. (1989). Bertanam Ubi””Ubian (2nd ed.). Penebar Swadaya.

Malyuga, E. N., & Petrosyan, G. O. (2022). Effective Integration of Distance Courses Through Project-Based Learning. Frontiers in Education, 6(January), 1”“9. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.788829.

Minarni, E. W., Utami, D. S., & Prihatiningsih, N. (2017). Pemberdayaan kelompok wanita tani melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan dengan budidaya sayuran organik dataran rendah berbasis kearifan lokal dan berkelanjutan. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 1(2), 147”“154. https://doi.org/10.30595/jppm.v1i2.1949

Suharyat, Y., Desy, D., Santosa, T. A., Sofianora, A., & Manahor, A. (2023). Meta-analysis study: The effect of the independent curriculum integrated project based learning model on student learning outcomes in natural science materials. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 5(2). https://doi.org/10.33292/petier.v5i2.164.

Vesikivi, P., Lakkala, M., Holvikivi, J., & Muukkonen, H. (2020). The impact of project-based learning curriculum on first-year retention, study experiences, and knowledge work competence. Research Papers in Education, 35(1), 64”“81. https://doi.org/10.1080/02671522.2019.1677755

Downloads

Published

2025-10-29