MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN STEM BERBASIS ROBOT MAZE SOLVING: STUDI KASUS DI SMA TARAKANITA GADING SERPONG
DOI:
https://doi.org/10.32497/sitechmas.v5i2.5997Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis peningkatan minat belajar siswa SMA melalui penerapan pembelajaran STEM berbasis robot maze solving di SMA Tarakanita Gading Serpong. Siswa kelas X berperan sebagai subjek penelitian. Pendekatan STEM yang digunakan menggabungkan sains, teknologi, teknik, dan matematika, dengan tujuan mengembangkan keterampilan berpikir kritis serta pemecahan masalah. Dalam pembelajaran ini, siswa memprogram robot untuk menyelesaikan labirin (maze solving), yang diharapkan meningkatkan keterlibatan dan antusiasme mereka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pretest-posttest, di mana data diperoleh melalui angket minat belajar, observasi, dan wawancara. Hasil analisis statistik menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam minat belajar setelah siswa terlibat dalam pembelajaran berbasis robot maze solving. Siswa lebih termotivasi, aktif, dan menunjukkan pemahaman yang lebih baik terhadap konsep STEM. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan robot maze solving dapat meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran STEM, sehingga dapat menjadi strategi efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran di tingkat SMA.Downloads
Published
2024-11-01
Issue
Section
Articles
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.