PENERAPAN TEKNOLOGI PEMASARAN PRODUK KERAJINAN ANYAMAN BAMBU MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE PADA KUB TAWANGSARI SEMARANG

Jumi Jumi, Tedjo Mulyono, Achmad Zaenuddin, Suwardi Suwardi, Azizah Azizah

Abstract


Semowo merupakan desa yang bergantung pada lahan pertanian sebagai pendapatan utama keluarga. Pertanian ditanami padi dengan menggunakan pengairan tadah hujan. Pada saat kemarau mereka tidak bisa bertanam, sehingga tidak ada pemasukan. Desa ini memiliki lahan perkebunan yang tumbuh subur oleh bambu. Berbekal bambu inilah mereka menyambung hidup di masa paceklik atau kemarau karena tidak ada tanaman yang bisa dipanen. Dari pohon bambu di sulap menjadi kerajinan diantaranya adalah peralatan rumah tangga, seperti kukusan, kalo atau peniris air, kipas tangan, pengki atau tempat sampah, tampah dll. Dalam melakukan produksi mereka sudah menghasilkan produk anyaman dari bambu dengan berbagai variasi tersebut.

Banyaknya jumlah produk dengan variasi jenisnya, mengharuskan pengrajin anyaman bamboo ini untuk melakukan pemasaran dengan area pasar yang luas. Hal ini perlu sentuhan teknologi pemasaran yaitu pemasaran berbasis online. Secara ringkas kegiatan PMK memiliki tujuan untuk memperluas area pasar produk irat bambu menggunakan media pemasaran website. Tahapan yang dilakukan oleh tim adalah (1) Kordinasi dengan tim dan mitra (2) pelatihan pengoperasian dan update data produk di web; (3) Evaluasi hasil pelatihan, (4) Pendampingan dalam rangka pemantauan perkembangan setelah kegiatan pengabdian selesai. Target tercapai, mitra merasa puas dan peralatan sudah dapat digunakan untuk pemasaran dan ada peningkatan kapasitas produksi.

Keywords


Media; Pemasaran online; Anyaman bambu

Full Text:

PDF

References


Nasendi, B.D., (1995) Growth Pattern and Photosynthetic Activity of Different Bamboo Species Growing in The Botanical Garden of Rome. A paper prepared for IV-International Bamboo Congress/Research Workshop, 19-22 June 1995 in Ubud, Bali, Indonesia, Forest Products and Forestry Socio-Economic Research and Development Center, Bogor

https://id.wikipedia.org/wiki/Bambu, Artikel tentang bambu

IPIRTI. 2001. Transfer of Technology Model: Bamboo splitting and slivering Unit. Bangalore:

Sulastiningsih, I.M., 2013, Teknik Pembuatan Bambu Lamina, Pusat Penelitian dan Pengembangan Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan, Bogor.

Mayasari, Anita, & Ady Suryawan. 2012. Keragaman Jenis Bambu dan Pemanfaatannya di Taman Nasional Alas Purwo. Dalam Jurnal “Info BPK Manado, Volume 2 No. 2 Desember 2012.

Suryanto, Suharto, Sarana, V. S. Tripriyo, Iwan Hermawan, & Agus Suwondo. 2014. Rancang Bangun Alat Belah Bambu Dengan Pemutar Ulir Penekan Multi Pisau. Dalam Jurnal Ilmiah “Rekayasa Mesin Volume 9. Agustus 2014.

Tutik P, Regina, Bernardus Sentot Wijanarka, & V. Lilik Hariyanto. 2011. Peningkatan Efisiensi Proses Produksi Kerajinan Bambu Menggunakan Mesin Pembuat Lidi Di Tunggak Semi Bamboo Handycraft. Yogyakarta: FMIPA & FT Universitas Negeri Yogyakarta.

Jumi, . 2019. Desain Media Pemasaran Berbasis Website, Modul Ajar E-Commerce

Jefferly. 2016. Membangun Toko Online dengan Blogger. PT. Gramedia, Jakarta.

Priyo, Eko Utomo, 2017, Panduan Internet Untuk Pemula Mediakom, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/sitechmas.v5i1.5489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats