PENERAPAN DIGITAL ACCOUNTING PADA ANGGOTA ASOSIASI EKPORTIR DAN PRODUSEN HANDYCRAFT INDONESIA (ASEPHI) DI MAGELANG

Authors

  • Misbakhul Arrezqi Politeknik Negeri Semarang
  • Yusmar Ardhi Hidayat Politeknik Negeri Semarang
  • Jumi Jumi Politeknik Negeri Semarang
  • Suwardi Suwardi Politeknik Negeri Semarang
  • Achmad Zaenuddin Politeknik Negeri Semarang
  • Kurniani Kurniani Politeknik Negeri Semarang
  • Paniya Paniya Politeknik Negeri Semarang
  • Sugiyanta Sugiyanta Politeknik Negeri Semarang
  • Febrina Indrasari Politeknik Negeri Semarang
  • Destine Fajar Wiediyanti Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32497/sitechmas.v6i1.5150

Keywords:

Bisnis model, Digital Accounting, ASEPHI, Magelang

Abstract

Pandemi Covid-19 di dunia menyebabkan penurunan perekeonomian nasional bahkan dunia. Khususnya pada sektor pariwisata mendapat tekanan besar karena Pandemi Covid-19 serta Usaha Mikro kecil menengah (UMKM) di sekitar tempat wisata juga terkena dampak penurunan penjualan karena berkurangnya bahkan tidak adanya pengunjung yang datang. UMKM dengan produk usaha kerajinan tangan yang paling banyak bergantung pada sektor pariwisata baik untuk wisata domestik maupun mancanegara. ASEPHI adalah singkatan dari Asosiasi Eksportir dan Produsen Handycraft Indonesia, ASEPHI didirikan sebagai wadah penyaluran aspirasi pengusaha dan perajin untuk lebih mendorong jiwa kewiraswastaan hingga menjadi pengusaha profesional sekaligus mendukung dan menyukseskan program pembangunan ekonomi nasional. Visi Asephi adalah menyalurkan aspirasi pengusaha dan perajin di bidang kerajinan untuk lebih mendorong jiwa kewiraswastaan hingga menjadikan para perajin dan produsen sebagai pengusaha yang profesional dan sekaligus mendukung usaha pemerintah untuk menyukseskan program pembangunan ekonomi nasional. Salah satu kemampuan dalam berbisnis adalah kemampuan manajemen keuangan, pembuatan laporan keuangan yang mudah dan dapat diakses secara realtime sehingga tidak terjadi perselisihan jika memiliki sistem keuangan yang terbuka dan praktis. Penerapan digital accounting ini diharapkan dapat meningkatkan roda perkonomian khususnya pada anggota Asephi Magelang.

Metodependekatanyangakandigunakanadalahpelatihan bisnis model dan digital accounting,praktikmenggunakanbisnis model canvas untuk pengunyusunan strategi bisnis dan printer portable untuk sistem keuangan. Solusi permasalahan adalah pelatihandan pemberian peralatan untuk meningkatkan kinerja.Hasildarikegiatanadalahpeningkatan daya saing masyarakat produktif atau UMKM skala nasional dan internasional.

References

Arrezqi, Misbakhul. Yunianto W, Bagus . 2020. Improving The Performance Of SME”™s In Semarang City In The Pandemic Covid 19. IJEBAR. ISSN: 2614-1280 P-ISSN 2622-4771 Vol 4, Issue 3, 2020

R. Santoso. 2020. Review Of Digital Marketing & Business Sustainability of E-Commerce During Pandemic Covid19 In Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan. Vol. 5, No.2, Desember 2020 ISSN 2541-1470

Z. Rifai, D. Meiliana. 2020. Pendampingan dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi UMKM Terdampak Pandemi Cocid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Suprayogi, B., Razak A. (2019). Implemetasi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku Umkm Pamokolan Ciamsi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi. Vol 3 No. 2

Aliwinoto, Christine. Hediyani, Melisa. Malinda, Maya. 2022. Analisis Business Model Canvas Usaha Mikro Kecil Menengah Toko JIF Bandung Indonesia. SPNK Vol. 1 April 2022.

Downloads

Published

2025-03-13