PENERAPAN ALAT PENGOLAH PUPUK ORGANIK (APPO) GUNA MENINGKATKAN DAYA JUAL LIMBAH KOTORAN KAMBING PADA PETERNAK KAMBING “BERKAH ABADI” DI KAB. MAGELANG

Eni Safriana, Ragil Tri Indrawati, Farika Tono Putri, Wahyu Isti Nugroho

Abstract


Desa Grabag di Kabupaten Magelang merupakan salah satu sentra peternakan kambing yang berada di Kab Magelang. Selain menghasilkan daging, susu, kulit, dan bulu, kambing juga juga menghasilkan limbah berupa kotoran kambing. Limbah kotoran kambing berdampak pada pencemaran lingkungan, salah satunya menyebabkan bau tidak sedap. Hal ini di akibatkan dari keterbatasan lahan sebagai tempat kotoran kambing, sehingga menyebabkan penumpukan pada satu tepat. Salah satu peternak kambing “Berkah Abadi” masih belum melakukan pengolahan limbah kotoran kambing menjadi pupuk organik diakibatkan karena keterbatasan teknologi dan juga pengetahuan. Permasalahan ini dapat diselesaikan dengan penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) yaitu  Alat Pengolah Pupuk Organik  (APPO) sebagai solusi dari pengolahan limbah kotoran kambing. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan solusi kepada peternak kambing dalam mengolah limbah kotoran kambing menjadi pupuk organik yang memiliki nilai jual. Metode yang dilakukan adalah dengan melakukan metode gabungan yaitu transfer teknologi dan penyuluhan terhadap peternak kambing. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini berupa terealisasinya penggunaan mesin alat pengolah pupuk organik  (APPO) guna mengolah limbah kotoran kambing yang awalnya menumpuk dan memiliki nilai jual rendah menjadi memiliki nilai jual tinggi.

Keywords


APPO; limbah kotoran kambing; pupuk organik; TTG

Full Text:

PDF

References


Riswandi & R. A. muslima. “Manajemen Pemberian Pakan Ternak Kambing Di Desa Sukamulya Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir”. Jurnal Peternakan Sriwijaya. Vol. 7, no. 2, Desember 2018, p25.

Atiqah Aulia Hanuf, Dinda M. Yunita, Yusuf M. Nurin, Z. Naylis Syarof, Nisfi, F. Ifadah, Haidar J. Musyaffa. “Teknologi Aplikasi Kompos Pupuk Kandang Kambing Di Kebun Kopi”. Agroinotek: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat. Volume 1 No 1 Tahun 2020 p: 23.

Saktiyono Sigit Tri Pamungkas Dan Eky Pamungkas. “Tambahan Pupuk Organik Pada Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq.) Di Pre-Nursery”. Mediagro. Vol. 15. No. 1. 2019.p: 68.

Asri Ainun Surya1 , Nur Ainun Salsabila Ramli2 , Paramita Indra Saputri3 , Rahmatia4 , Sitti Rahma Yunus5. “Pembuatan Pupuk Organik Menggunakan Kotoran Kambing”. Jurnal Lepa-Lepa Open. Volume 1 Nomor 1, 2021. P: 104.

Muhammad Afan Utama. “Pengaruh Pupuk Kotoran Kambing Padat Dan Cair Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Jagung Manis (Zea Mays Saccharata Sturt) Pada Lahan Kering“. Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang . 2023. p:2.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/sitechmas.v5i1.5032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats