PENGUATAN KAPASITAS PERAN AKTIF PEREMPUAN MELALUI PROGRAM WANITA MELEK PERENCANAAN DESA (WANI LEMPER) BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI DESA LOGEDE, KABUPATEN KEBUMEN

Rima Dias Ramadhani, Alfin Hikmaturokhman, Arief Rais Bahtiar, Novanda Alim Setya Nugraha, Bunga Laelatul Muna, Pradana Ananda Raharja

Abstract


WANI LEmPER (Wanita Melek Perencanaan) merupakan upaya pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam pembangunan desa Logede Kabupaten Kebumen melalui pemahaman dan pembekalan dalam perencanaan desa. Program ini bertujuan untuk mendorong wanita agar aktif dan berpengaruh dalam seluruh tahapan pembangunan desa, mulai dari perencanaan hingga evaluasi. Pengenalan proses perencanaan desa dianggap efektif dalam menginspirasi partisipasi yang berarti dari wanita dalam penganggaran, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi pembangunan desa. Program ini merupakan bentuk pelayanan inklusif yang bertujuan membekali wanita dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk berperan aktif dalam perencanaan desa, dengan harapan mereka dapat memengaruhi kebijakan pembangunan desa. Dalam rangka mendukung semangat WANI LEmPER, dibuatlah aplikasi PERMATA (Perbincangan Emak-Emak untuk Membangun Desa). Aplikasi ini berfungsi sebagai platform diskusi khususnya perempuan, untuk mengaspirasikan usulan-usulan terkait pembangunan desa. Aplikasi PERMATA telah dapat diunduh dan sudah didaftarkan di Play Store, dan mendukung perempuan desa dalam menyampaikan aspirasi mereka. Program WANI LEmPER dan aplikasi PERMATA menjadi embrio inovasi baru dalam memperkuat pemberdayaan perempuan dalam pembangunan desa, sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) terkait Keterlibatan Perempuan Desa yang dicanangkan oleh Kementerian Desa dan PDTT. Keseluruhan upaya ini mendukung penguatan partisipasi wanita dalam merumuskan dan mengawal pembangunan desa secara efisien, efektif, dan real-time.

Keywords


WANI LEmPER;PERMATA;SDGs;Kementerian Desa

Full Text:

PDF

References


BPS (2022), “IPG Kabupaten Kebumen 2020-2022” . Maret 2023 Jam : 10.00 wib.

Y. Rosdiana Su, F. Fatmawati, and Z. R. A. Ntelok, “Penguatan Partisipasi Perempuan dalam Pengendalian Resiko Kerusakan Lingkungan Hidup bagi Kelompok Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Mbaumuku, Manggarai, Flores, NTT”, IJCSL, vol. 3, no. 2, pp. 75–82, Jun. 2019.

Akadun. (2014). Revitalisasi Forum Musrenbang sebagai Wahana Partisipasi Masyarakat dalam Perencanaan Pembangunan Daerah. Jurnal Mimbar, XXVII(2), 183-191.

Ainiyah, N. (2021). Pelatihan Identifikasi Biaya Usaha Dan Penentuan Harga Pokok Produksi Pakan Ikan Lele Desa Ngingasrembyong. 315–321.

Hanis, N. W., & Marzaman, A. (2020). Peran Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Dalam Pemberdayaan Perempuan Di Kecamatan Telaga. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(2), 123.

Ningsih, D. R., Widyaningsih, S., & Setyorini, D. (2020). Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK Melalui Pelatihan Pembuatan Hand Gel Di Desa Purbayasa Padamara Purbalingga. Darma Sabha Cendekia, 2(2), 25–31.

Enny Istanti, S. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Tanjungan Kec. Driyorejo Kab. Gresik Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Budidaya Toga. Jurnal BUDIMAS, 02(02), 82–88.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/sitechmas.v4i2.4965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats