PENERAPAN TEKNOLOGI KEWIRAUSAHAAN PADA KELOMPOK BATIK SEKAR CANTRIK TEMANGGUNG

Authors

  • Sandi Supaya Politeknik Negeri Semarang
  • Makmun Riyanto Politeknik Negeri Semarang
  • Mardinawati Mardinawati Politeknik Negeri Semarang
  • Ahmad Wafa Mansur Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32497/sitechmas.v4i1.3980

Keywords:

Batik, marketing strategy, business management

Abstract

Mitra pada Program Pengabdian Masyarakat ini adalah KUB   Sekar Cantrik Temanggung. Tujuan dari program pengabdian adalah untuk meningkatkan jumlah dan kualitas produk batik tulis, meningkatkan omset penjualan, meningkatkan pendapatan Kelompok Batik Sekar Cantrik, serta menambah ketrampilan dalam mengimplementasikan perencanaan strategi pemasaran. Permasalahan pada mitra adalah bahwa kompor batik elektrik yang dimiliki hanya satu unit yang menghasilkan panas yang sudah tidak stabil. Proses nglorot terhambat karena harus meminjam alat dari kelompok PKK desa setempat. Hasil kain yang telah didesain dengan cara mengeblat masih kurang maksimal, karena proses ngeblat hanya dilakukan dilantai. Mitra belum mempunyai strategi pemasaran, pengelolaan usaha masih sederhana. Metode pendekatan yang akan digunakan adalah praktik menggunakan meja desain gambar, praktik menggunakan kompor batik elektrik dan kompor besar, serta menyusun strategi pemasaran. Solusi permasalahan adalah dibuat desain meja kaca, pengadaan kompor batik elektrik dan kompor besar, pelatihan   dan implementasi strategi pemasaran. Hasil dari kegiatan adalah meningkatnya kualitas hasil batik, jumlah produksi batik tulis naik sebesar 10%, omzet penjualan naik rata-rata sebesar 10% serta menghasilkan dokumen strategi pemasaran.

References

Kasmi , Adi Nurdian Candra. 2017. Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Consumers Untuk Meningkatan Penjualan Produk

Makanan Ringan Khas Pringsewu. Lampung: Jurnal Aktual STIE Trisna Negara Volume 15 (2) p. 109-11

Mohadi, Rijal Fahmi. 2021. 7 Strategi Pemasaran Produk di Tengah Wabah Corona. Mekari-Jurnal Entrepreneur. https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-pemasaran-produk-di-saat-masa-pandemi-wabah-covid-19/

Permana, Andrian. 2019. Pemasaran MelaluiMedia Sosial Solusi Pemasara Digital Bisnis Anda. https://seoanaksholeh.com/pemasaran-melalui-media-sosial/

Susanto, Wahyu Eko; Siti Makrifatul Arifah. 2019. Rancang Bangun E-Commerce Batik Tulis Berbasis Website Dengan Metode Rapid Aplication Development. Jogyakarta: Bianglala Informatika Vol. 7 No. 1. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/Bianglala/article/view/6188/3405 p.85-91

Downloads

Published

2023-04-12