PENERAPAN TEKNOLOGI KEWIRAUSAHAAN PADA KELOMPOK BATIK SEKAR CANTRIK TEMANGGUNG
DOI:
https://doi.org/10.32497/sitechmas.v4i1.3980Keywords:
Batik, marketing strategy, business managementAbstract
Mitra pada Program Pengabdian Masyarakat ini adalah KUB Sekar Cantrik Temanggung. Tujuan dari program pengabdian adalah untuk meningkatkan jumlah dan kualitas produk batik tulis, meningkatkan omset penjualan, meningkatkan pendapatan Kelompok Batik Sekar Cantrik, serta menambah ketrampilan dalam mengimplementasikan perencanaan strategi pemasaran. Permasalahan pada mitra adalah bahwa kompor batik elektrik yang dimiliki hanya satu unit yang menghasilkan panas yang sudah tidak stabil. Proses nglorot terhambat karena harus meminjam alat dari kelompok PKK desa setempat. Hasil kain yang telah didesain dengan cara mengeblat masih kurang maksimal, karena proses ngeblat hanya dilakukan dilantai. Mitra belum mempunyai strategi pemasaran, pengelolaan usaha masih sederhana. Metode pendekatan yang akan digunakan adalah praktik menggunakan meja desain gambar, praktik menggunakan kompor batik elektrik dan kompor besar, serta menyusun strategi pemasaran. Solusi permasalahan adalah dibuat desain meja kaca, pengadaan kompor batik elektrik dan kompor besar, pelatihan dan implementasi strategi pemasaran. Hasil dari kegiatan adalah meningkatnya kualitas hasil batik, jumlah produksi batik tulis naik sebesar 10%, omzet penjualan naik rata-rata sebesar 10% serta menghasilkan dokumen strategi pemasaran.
References
Kasmi , Adi Nurdian Candra. 2017. Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Consumers Untuk Meningkatan Penjualan Produk
Makanan Ringan Khas Pringsewu. Lampung: Jurnal Aktual STIE Trisna Negara Volume 15 (2) p. 109-11
Mohadi, Rijal Fahmi. 2021. 7 Strategi Pemasaran Produk di Tengah Wabah Corona. Mekari-Jurnal Entrepreneur. https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-pemasaran-produk-di-saat-masa-pandemi-wabah-covid-19/
Permana, Andrian. 2019. Pemasaran MelaluiMedia Sosial Solusi Pemasara Digital Bisnis Anda. https://seoanaksholeh.com/pemasaran-melalui-media-sosial/
Susanto, Wahyu Eko; Siti Makrifatul Arifah. 2019. Rancang Bangun E-Commerce Batik Tulis Berbasis Website Dengan Metode Rapid Aplication Development. Jogyakarta: Bianglala Informatika Vol. 7 No. 1. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/Bianglala/article/view/6188/3405 p.85-91
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.