KLASIFIKASI JENIS HASIL PROSES PRODUKSI PAVING BLOCK PADA CV WARINGIN PUTIH, BANYUMANIK SEMARANG SESUAI DENGAN STANDAR NASIONAL INDONESIA (SNI 03- 0691-1996)

Roselina Rahmawati, Sukoyo Sukoyo, Danang Isnubroto, Supriyadi Supriyadi, Herry Ludiro Wahyono, Stefanus Santosa, Yusetyowati Yusetyowati, Sri Wahyuningsih Sulaiman, Hadi Wibowo

Abstract


Bata beton atau Paving block adalah suatu komposisi bahan bangunan yang dibuat dari campuran semen Portland atau bahan perekat hidrolis sejenisnya, air, agregat dengan atau tanpa bahan tambahan lainnya yang tidak mengurangi mutu bata beton itu. Hasil proses produksi sangat dipengaruhi oleh faktor produksi, antara lain : kualitas/komposisi bahan baku, peralatan yang dipergunakan untuk memproduksi, langkah- langkah dalam membuatnya sampai dengan perawatan. Proses produksi di CV Waringin Putih ini sangat dipengaruhi oleh permintaan pengguna (pemesan), sehingga sangat memungkinkan hasilnya kurang terkendali (kualitasnya bervariasi). Untuk itu diperlukan pendampingan, agar supaya hasilnya dapat memuaskan konsumen karena biasanya akan menjadikan permintaan (demand) produk tersebut akan bertambah yang berarti akan menambah pendapatan, mengingat kualitas Paving block dari CV Waringin Putih ini betul-betul memenuhi standar. Setelah selesai pendampingan CV Waringin Putih telah terekomendasi bahwa proses produksi Paving block hasilnya memenuhi Standar Nasional Indonesia 03- 0691-1996 dengan hasil Mutu C yaitu paving block tersebut dapat digunakan untuk Pejalan Kaki dan penggunaan lain.

Keywords


Proses produksi, pendampingan, rekomendasi

Full Text:

PDF

References


Polytechnic Educational Develepment Center; 1987;Teknologi Bahan 1 , Departemen

Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pendidikan Tinggi PEDC -Bandung, Bandung

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal

Bina Marga, 2018 , Spesifikasi Umum 2018 untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan dan Jembatan , Kementerian PUPR, Jakarta

Badan Standarisasi Nasional, 1996, Bata Beton (Paving Block), BSN, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/sitechmas.v4i1.3914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats