Pelatihan Strategi Pengelolaan Pasar Desa Menuju Desa Mandiri di Kabupaten Bojonegoro

Authors

  • Mariana Mariana Universitas Negeri Surabaya
  • Susi Handayani Universitas Negeri Surabaya
  • Hariyati Hariyati Universitas Negeri Surabaya
  • Eni Wuryani Universitas Negeri Surabaya
  • Insyirah Putikadea Universitas Negeri Surabaya
  • Ambar Kusumaningsih Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32497/sitechmas.v3i2.3881

Keywords:

Pasar Desa, Pengelolaan, Desa, Bumdes

Abstract

Pasar desa merupakan salah satu fasilitas umum yang keberadaannya sangat penting dan dibutuhkan oleh masyarakat, namun masih terdapat kendala pengelolaannya.  Proses pengelolaan pasar desa perlu dilakukan secara menyeluruh yaitu meliputi aspek SDM, operasional (termasuk keuangan), pemasaran, dan strategis. Pihak pengelola pasar desa ditentukan oleh pemerintah desa dan idealnya memiliki bentuk resmi sebagai Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Sebagai upaya peningkatan kualitas pengelolaan pasar desa,   dilakukan kegiatan PKM dengan hasil terlaksananya pelatihan, modul, video kegiatan, serta artikel di media massa.

Downloads

Published

2022-10-31