Peningkatan Keahlian Program Software SAP2000 Pada Staf Teknik CV. Citra Jaya Perkasa Semarang

Rendy Dwi Pangesti

Abstract


Perkembangan dunia konstruksi saat ini sangat signifikan dengan diterapkannya berbagai metode dan teknologi yang dapat menunjang proses pembangunan. Metode dan teknologi tersebut dapat berupa pengembangan fisik yang berupa alat-alat atau material konstruksi serta pengembangan sumber daya manusia. Proses peningkatan kemampuan sumber daya manusia di dunia konstruksi juga terus mengalami peningkatan. Pemberian pelatihan, pengajaran, training, dsb adalah upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaharui mutu sumber daya manusia di bidang konstruksi. Saat ini penggunaan software komputer seperti SAP2000 sangat dibutuhkan di dalam kelancaran proyek konstruksi. Sehingga pelatihan SAP2000 untuk sumber daya manusia di dunia konstruksi selalu mengalami perkembangan. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang berupa pelatihan SAP2000 kepada staf CV. Citra Jaya Perkasa dirancang untuk memberikan gambaran kepada owner, dalam memvisualisasikan konstruksi bangunan gedung di dalam sebuah software. Sehingga kekuatan struktur dari suatu bangunan gedung dapat terlihat, baik beban sendiri maupun beban gempa yang terjadi di lapangan. Pelatihan SAP2000 ini akan memberikan peningkatan pemahaman kepada staf teknik CV. Citra Jaya Perkasa terkait program SAP2000. Implementasi penggunaan program SAP2000 ini akan digunakan staf ketika menghadapi proyek yang membutuhkan analisis kekuatan konstruksi.

Keywords


SAP2000, keahlian, pelatihan

Full Text:

PDF

References


Agustin Rozalena dan Sri Komala Dewi, Panduan Praktis Menyusun Pengembangan Karier dan Pelatihan Karyawan, (Jakarta: Raih Asa Sukses, 2016), hal. 108 – 109

Asri Laksmi Raiani, Budaya Organisasi, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011, hal. 99

Henry Simamora, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : BPFE, 1997, hal 342

Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Perguruan Tinggi Edisi XI Tahun 2017. Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Semarang Edisi 2 Tahun 2020. Pusat Penelitian & Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/sitechmas.v2i2.3019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats