Pendampingan Perhitungan Harga Pokok Produksi pada Pelaku Usaha Mikro Jasa Jahit Pakaian

Ambar Kusumaningsih

Abstract


Usaha mikro memiliki peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia, sehingga penting untuk dibantu berkembang. Salah satu upaya adalah peningkatan akses pasar dengan cara menentukan harga jual yang optimal berdasarkan Harga Pokok Produksi. Tujuan dilakukannya kegiatan PKM ini adalah untuk memberikan pendampingan dalam menghitung Harga Pokok Produksi pada Usaha Jasa Jahit. Metode yang digunakan adalah melakukan pendampingan secara langsung kepada mitra binaan dan membuat modul yang relevan. Hasil kegiatan PKM adalah peningkatan pemahaman dan kemampuan mitra binaan dalam menghitung Harga Pokok Produksi dan terbitnya modul Perhitungan Harga Pokok Produksi pada Usaha Jasa Jahit. Kesimpulan PKM ini adalah dengan adanya pendampingan dari Tim PKM dan modul, mitra binaan PKM dapat secara mandiri menghitung Harga Pokok Produksi sebagai dasar penentuan harga jual dan diharapkan dapat meningkatkan akses pasar. Saran untuk kegiatan PKM selanjutnya adalah berbagai pihak perlu membantu pengembangan Usaha Mikro.

Keywords


Harga Pokok Produksi; Jasa Jahit Pakaian; Usaha Mikro

Full Text:

PDF

References


Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia. (2020). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Tahun 2018 - 2019. https://kemenkopukm.go.id/data-umkm. Diunduh pada tanggal 05 April 2021.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2021). Wapres: Digitalisasi UMKM Perlu Diimbangi dengan Peningkatan Kapasitas dan Akses Pasar. https://www.kominfo.go.id/content/detail/36314/wapres-digitalisasi-umkm-perlu-diimbangi-dengan-peningkatan-kapasitas-dan-akses-pasar/0/berita. Diterbitkan pada tanggal 12 Agustus 2021.

Maulida, S., dan Yunani, A. (2017). Peluang dan Tantangan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari Berbagai Aspek Ekonomi. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol. 2 No. 1 Desember 2017 hal 181-196.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/sitechmas.v2i2.3010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats