PENERAPAN TEKNOLOGI PEMASARAN PRODUK KOPI MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE PADA KUB TANI MANUNGGAL TEMANGGUNG
Abstract
Anggota Kelompok Usaha Bersama (KUB) Tani Manunggal Desa Gesing adalah para pengrajin kopi bubuk jenis robusta, kopi yang diproduksi dari hasil perkebunan anggota kelompok. Desa Gesing merupakan desa penghasil kopi robusta terbesar di Kecamatan Kandangan. Permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan ini adalah mitra belum memiliki peralatan sealer yang digunakan untuk mengemas produk kopi bubuk dan untuk merekatkan kemasan produk kopi digunakan setrikan baju. Permasalahan lain yang dihadapi mitra adalah pemasaran produk kopi yang masih dilakukan secara konvensional, konsumen langsung datang ke lokasi produksi, dijual kepada kenalan, dan tamu kunjungan yang datang dari luar daerah, mitra belum mempunyai ketrampilan dalam menyusun laporan penjualan dengan menggunakan komputer. Tujuan dari program pengabdian ini adalah untuk memperluas jangkauan pemasaran, meningkatkan ketrampilan anggota dalam mengelola pemasaran berbasis online, meningkatkan pendapatan anggota kelompok. Luaran dari program pengabdian ini adalah pengadaan sealer sebagai alat perekat kemasan produk kopi bubuk, didesain tempat display kopi, rancang bangun sistem pemasaran online, dokumen laporan laporan penjualan, publikasi ilmiah pada jurnal/prosiding dari hasil seminar nasional serta publikasi ke media masa. Metode pendekatan yang akan digunakan adalah adalah praktek mengggunakan alat sealer, mendisplay produk, praktek implementasi pemasaran berbasis online, praktek menyusun laporan penjualan menggunakan Microsoft Excel, pendampingan usaha dan monitoring. Hasil yang dicapai dalam program ini adalah adalah mutu pembungkus kopi bubuk meningkat, jangkauan pemasaran lebih luas, penjualan penjualan kopi rata-rata meningkat 10% per bulan, ketrampilan mendisplay produk kopi meningkat, mampu menyusun laporan penjualan dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel.
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Johar. 2015. Solusi Tuntas 505 Kasus Bisnis Terapan dengan MS Excel. Jakarta: PT Gramedia
Helianthusonfri, Jefferly. 2012. Membangun Toko Online dengan Blogger. PT. Gramedia. Jakarta.
Hidayat, Taufik. 2013. Membuat Aplikasi Excel Untuk UKM. Mediakita. Jakarta
Mulyadi. 2018. Akutansi Biaya (Edisi 5). UPP STIM ZKPN Yogyakarta
Raharjo, Budi. 2011. Belajar Otodidak Membuat Database Menggunakan MySQL. Bandung: Informatika Bandung.
Wicaksono, Yudhy. 2014. Panduan Lengkap Mengelola Data Excel. Jakarta: PT Gramedia. http://www.gramedia.com/membuat-sistem-informasi-penjualan-berbasis-web
DOI: http://dx.doi.org/10.32497/sitechmas.v2i1.2612
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats