PENERAPAN TEKNOLOGI PEMASARAN PRODUK KOPI MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE PADA KUB TANI MANUNGGAL TEMANGGUNG

Authors

  • Sandi Supaya Politeknik Negeri Semarang
  • Makmun Riyanto Politeknik Negeri Semarang
  • Mardinawati Mardinawati Politeknik Negeri Semarang
  • Ahmad Wafa Mansur Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32497/sitechmas.v2i1.2612

Abstract

Anggota Kelompok Usaha Bersama (KUB)   Tani Manunggal Desa Gesing adalah para pengrajin kopi bubuk jenis robusta, kopi yang diproduksi   dari hasil perkebunan anggota kelompok. Desa Gesing merupakan desa penghasil kopi robusta terbesar di Kecamatan Kandangan. Permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan ini adalah mitra belum memiliki   peralatan sealer yang digunakan untuk mengemas produk kopi bubuk dan untuk merekatkan kemasan produk kopi digunakan setrikan baju. Permasalahan lain yang dihadapi mitra adalah pemasaran produk kopi yang masih dilakukan secara konvensional, konsumen langsung datang ke lokasi produksi, dijual kepada kenalan, dan tamu kunjungan yang datang dari luar daerah, mitra belum mempunyai ketrampilan dalam menyusun laporan penjualan dengan menggunakan komputer. Tujuan dari program pengabdian ini adalah untuk memperluas jangkauan pemasaran, meningkatkan ketrampilan anggota dalam mengelola pemasaran berbasis online, meningkatkan pendapatan anggota kelompok. Luaran dari program pengabdian ini adalah pengadaan sealer   sebagai alat   perekat kemasan produk kopi bubuk, didesain tempat display kopi,  rancang bangun sistem pemasaran online, dokumen laporan laporan penjualan, publikasi   ilmiah pada jurnal/prosiding dari hasil seminar nasional serta publikasi ke media masa. Metode pendekatan yang akan digunakan adalah adalah praktek mengggunakan alat sealer, mendisplay produk,   praktek implementasi pemasaran berbasis online, praktek menyusun   laporan penjualan menggunakan Microsoft Excel, pendampingan usaha dan monitoring.  Hasil yang dicapai dalam program ini adalah adalah mutu pembungkus kopi bubuk meningkat,   jangkauan pemasaran lebih luas, penjualan penjualan kopi rata-rata meningkat 10% per bulan, ketrampilan mendisplay produk kopi meningkat, mampu menyusun laporan penjualan dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel.

References

Arifin, Johar. 2015. Solusi Tuntas 505 Kasus Bisnis Terapan dengan MS Excel. Jakarta: PT Gramedia

Helianthusonfri, Jefferly. 2012. Membangun Toko Online dengan Blogger. PT. Gramedia. Jakarta.

Hidayat, Taufik. 2013. Membuat Aplikasi Excel Untuk UKM. Mediakita. Jakarta

Mulyadi. 2018. Akutansi Biaya (Edisi 5). UPP STIM ZKPN Yogyakarta

Raharjo, Budi. 2011. Belajar Otodidak Membuat Database Menggunakan MySQL. Bandung: Informatika Bandung.

Wicaksono, Yudhy. 2014. Panduan Lengkap Mengelola Data Excel. Jakarta: PT Gramedia. http://www.gramedia.com/membuat-sistem-informasi-penjualan-berbasis-web

Downloads

Published

2021-04-29