SaVRO: ASISTEN RUMAH PINTAR UNTUK TUNA NETRA DENGAN VOICE RECOGNITION

Liliek Triyono, Tri Raharjo Yudantoro, Sukamto Sukamto, Idhawati Hestiningsih

Abstract


Dalam kehiupan sehari-hari, penyandang tuna netra kesulitan dalam aktifitasnya, terutama aktifitas di rumah. Penyandang tuna netra per tahun 2017 mencapai 1,5 persen atau sekitar 3,75 juta orang dari penduduk Indonesia dan lebih dari 253 juta orang diseluruh dunia. Jumlah penyandang tuna netra yang tidak sedikit tersebut membutuhkan bantuan untuk mendapatkan kualitas hidup yang baik dan mandiri. Desain rumah yang ramah untuk penyandang tuna netra masih belum tersedia khusus. Menjadi kesulitan tersendiri untuk para penyandang tuna netra untuk kemudahan akses barang elektronik ataupun informasi (berita) terkini. Maka hal ini menjadi dasar penelitian ini bagaimana memberikan kemudahan akses penyandang tuna netra. Penelitian ini memberi solusi yaitu merancang sebuah prototipe rumah yang ramah penyandang tuna netra disisi penggunaan peralatan elektronik. Sistem ini dimulai dari microphone sebagai sensor yang bertugas mengambil suara dan kemudian hasilnya diolah oleh Android kemudian dihubungkan ke mikrokontroller melalui Wi-Fi. Microphone yang digunakan adalah Microphone bawaan dari smart phone android. Dengan menggunakan metode speech recognition perintah cukup dengan mengucapkan keyword maka android akan mengelola suara menjadi sebuah kode yang akan dikirimkan ke mikrokontroller untuk melakukan tugas. Perintah yang bisa ditangani ada beberapa kategori, antara lain (a) Menghidupkan/mematikan perangkat elektronik, (b) Memberikan informasi berita dari portal web berita populer, (c) Hiburan dengan memainkan radio streaming dan (d) Informasi umum jam dan tanggal. Semua fungsi yang direncanakan sudah berjalan dengan semestinya, ada beberapa feature yang mungkin bisa dikembangkan selanjutnya. Menambahkan kemapuan navigasi dalam ruangan sebagai media pemandu arah bisa menjadi penelitian selanjutnya.

Full Text:

PDF

References


WHO, “Blindness and vision impairment,” WHO, 2018. [Online]. Available: https://www.who.int/en/news-room/fact-sheets/detail/blindness-and-visual-impairment.

J. Koetsier, “Massive Reversal: Google Home Sales Explode 483% To Beat Amazon Echo For Smart Speaker Crown,” Forbes, 2018. [Online]. Available: https://www.forbes.com/sites/johnkoetsier/2018/05/25/massive-reversal-google-home-sales-explode-483-to-beat-amazon-for-smart-speaker-crown/#6c5c20c7508c.

J. Koetsier, “Smart Speaker Users Growing 48% Annually, To Hit 90M In USA This Year,” Forbes, 2018. [Online]. Available: https://www.forbes.com/sites/johnkoetsier/2018/05/29/smart-speaker-users-growing-48-annually-will-outnumber-wearable-tech-users-this-year/#5e087f235dde.

M. Barata, A. Galih Salman, I. Faahakhododo, and B. Kanigoro, “Android based voice assistant for blind people,” Libr. Hi Tech News, vol. 35, no. 6, pp. 9–11, 2018.

M. Bansode, S. Jadhav, and A. Kashyap, “Voice Recognition and Voice Navigation for Blind using GPS,” Ijireeice, vol. 3, no. 4, pp. 91–94, 2015.

J. Nilesh, P. Alai, C. Sapnil, and M. . Bendre, “Voice Based System in Desktop and Mobile Devices for Blind People .,” vol. 4, no. 2, pp. 2–5, 2014.

L. Ran, S. Helal, and S. Moore, “Drishti: an integrated indoor/outdoor blind navigation system and service,” … Comput. Commun. …, 2005.

M. Barata, Oktavia Oktavia, S. Sugianto, and A. G. Salman, “Aplikasi Voice Assistant Untuk Penyandang Tuna Netra Berbasis Android,” 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.