PENDAMPINGAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI TK AISIYAH BUSTANUL ATFAL 59 METESEH TEMBALANG SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.32497/sitechmas.v1i1.2235Abstract
Pengelolaan data dan dokumen pada lembaga pendidikan khususnya terkait dengan kegiatan akreditasi dan data siswa kini harus dikelola secara elektronik. TK ABA 59 saat ini masih mengelola seluruh data proses belajar mengajar dan data siswa secara manual. Pengajar ataupun tenaga kependidikan masih belum memahami pentingnya mengelola semua itu secara elektronik. Tujuan dari program pengabdian ini adalah membuka pemikiran dan membekali skill pengelolaan dokemen dan data secara elektronik. Dengan dilaksakannya pengelolaan data dan dokumen secara elektronik diharapkan mampu meningkartkan kinerja dan komunikasi antara Pengelola dengan stakeholder. Lebih lanjut diharapkan agar kepercayan masyarakat terhadap TK ABA 59 juga akan meningkat. Metode pelaksanaan program ini meliputi training dan pendampingan. Dengan training dan pendampingaan pengelolaan data dan dokumen secara elektronik diharapkan mampu memberikan soulsi yang sesui bagi permasalahan di TK ABA 59.
Kata Kunci: data siswa, akreditasi, dokumen elektronik.
References
Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), 20011, Pedoman penyelenggaraan Kearsipan Perguruan Tinggi, Jakarta.
Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), 20012, Peraturan Pemerintah nomor 28/2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43/2009 tentang Kearsipan, Jakarta.
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, 2015, Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta.
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, 2015, Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta.
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, 2015, Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta.
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, 2015, Pengelolaan Klas Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta.
Suraja, Yohanes, 2006, Manajemen Kearsipan, Dioma, Malang
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.