Rekayasa Mesin Batik Tulis Berbasis CNC dengan Canting Elektrik

Abdul Syukur Alfauzy, Adhy Purnomo, Bambang Tjahjono, Ali Sai’in, Dita Anies Munawwaroh

Abstract


Batik adalah salah satu kerajinan tradisional khas Indonesia yang telah mendunia. Seni membatik umumnya dilakukan di atas selembar kain dengan menggunakan lilin khusus. Cara membatik secara umum adalah memberi motif pada kain dengan memberi malam cair di titik-titik secara manual dan membutuhkan waktu yang lama. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membuat Mesin Batik Tulis Berbasis CNC Dengan Canting Elektrik yang berguna bagi UMKM serta menguji kesesuaian corak dan kecepatan proses produksi. Metode yang digunakan adalah observasi, perancangan, pembuatan, pengujian serta melakukan perbaikan sesuai hasil terbaik dari setiap perlakuan. Mesin Batik Tulis Berbasis CNC Dengan Canting Elektrik yang kami rancang memiliki kelebihan pada proses tulis batik yang lebih stabil, cepat dan bisa digunakan pada motif yang sama dan berulang-ulang. Mesin ini memiliki keunggulan dapat menggabungkan berbagai macam desain sesuai corak dan motif sedangkan proses tulis batik manual mebutuhkan waktu yang lama dan factor kelelahan tenaga kerja yang menjadi kendalanya. Hasil rancangan dan pembuatan  Mesin Batik Tulis Berbasis CNC Dengan Canting Elektrik dengan  sumber input daya  12 volt, motor stepper nema 17, Artsoft Mach3 sebagai microcontroller, sistem pergerak sumbu X dan Y menggunakan belt – pulley sedangkan sumbu Z menggunakan leadscrew. Dimensi mesin 900 x 640 x 320 (mm), work area 600 x 450 x 30 (mm). Dapat dijalankan dengan PC/laptop melalui software Mach3 dan Vetric Aspire sebagai CAD/ CAM. Hasil pengujian performa yang dilakukan, mesin dapat bekerja dengan baik sesuai dengan program corak yang direncanakan.


Keywords


Mesin CNC; Canting Elektrik; Microcontroller

Full Text:

PDF

References


Cross, Nigel. 2008. Engineering Design Methods: Strategies for Product Design 4th Edition. New York: John Wiley & Sons, Ltd.

Fajar, Ilham, dkk. 2019. Pengembangan Mesin CNC Router 4-Axis Guna Mendukung Produksi Industri Kreatif. Semarang: Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang.

I. Syukran H., Syafri, A. Prayitno. 2017. Rancang Bangun Sistem Kontrol Mesin CNC Milling 3 Axis Menggunakan Close Loop System. Jurnal Online Mahasiswa Bidang Teknik dan Sains, Vol. 4, No. 2, 1-8

Khurmi, R. S. dan J. K. Gupta. 2005. A Textbook of Machine Design. New Delhi: Eurasia Publishing House (PVT) LTD.

Mott, Robert L. 2004. Machine Elements in Mechanical Design. New Jersey: Pearson Education.

Sandri. 2017. CNC Engraver. Bengkulu: Planet Elektrik.

Shigley, E.J. 1976. Shigley’s Mechanical Engineering Design Eight Edition. United States: McGraw-Hill Companies.

Zulfikar, Usmardi, Hanafi. 2018. Rancang Bangun Milling dan Drilling Sederhana dan Murah. Lhokseumawe: Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Zulfikar, Zoro dan Syafri. 2017. Proses Produksi Prototipe Mesin CNC Router 3-axis. Riau: Teknik Mesin Universitas Riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jrm.v19i1.5400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Rekayasa Mesin

_____________________________________________________________________

   

Publisher:

Mechanical Engineering Department, Politeknik Negeri Semarang (Semarang State Polytechnic)
Address: Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang
Email: jurnalrekayasamesin@polines.ac.id
WA: 085669661997

_____________________________________________________________________

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a License Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 Internasional.

View Statistics