Simulasi CFD Turbin Francis Skala Laboratorium Sebagai Alat Bantu Praktikum Menggunakan Software Solidwork

Rizal Mudzakir, Haryadi Haryadi, Heri Widiantoro

Abstract



Turbin Francis adalah jenis turbin yang paling banyak  digunakan di pembangkit listrik tenaga air, karena efisiensinya relatif tinggi dalam rentang operasi yang cukup luas. Namun, alat bantu praktek untuk pengajaran turbin Francis yang dibutuhkan untuk pembelajaran jarang tersedia. Alat bantu praktek dan pengajaran masih diimpor dari luar negeri dengan harga yang relatif mahal. Studi literatur menunjukkan bahwa alat bantu praktek untuk turbin cross flow dan turbin propeller berhasil dibuat, namun alat bantu praktek turbin Francis belum banyak ditemukan di dalam negeri hingga saat ini. Pada penelitian ini akan dibahas simulasi aliran hasil dari perancangan turbin Francis skala laboratorium sebagai alat bantu praktek dengan head sebesar 3 m dan debit sebesar 3 liter/s. Tahapan penelitian yang dilakukan meliputi tahap kajian terhadap simulasi terhadapan rancangan yang sudah ada menggunakan CFD untuk mengetahui kekurangan kinerja alirannya dan sekaligus menjadi bahan evaluasi. Berdasarkan hasil simulasi aliran fluida pada alat didapatkan bahwa kapasitas daya turbin untuk model rancangan yang telah dibuat adalah sebesar 112 Watt, sedangkan efisiensi hidroliknya adalah 56%. Kecepatan air pada turbin berkisar antara 1 hingga 4 m/s, dan tekanan air berkisar dari 0,9 hingga 1 bar. Tidak ada daerah tekanan rendah yang berpotensi untuk terjadi kavitasi. Untuk meningkatkan efisiensi dapat dilakukan optimasi pada bagian spiral case dengan mengurangi luas penampang di bagian ujung spiral case agar penurunan distribusi kecepatan yang dihasilkan menjadi lebih halus.


Keywords


turbin Francis, alat bantu praktek, simulasi aliran

Full Text:

PDF

References


I. Encyclopædia Britannica, “Francis Turbine,” Encyclopædia Britannica. https://www.britannica.com/technology/Francis-turbine. (accessed Mar. 28, 2023).

Haryadi, “Design and Manufacturing of Francis Turbine Runner for Practice Aids,” Int. Res. Conf. Soc. Sci. Eng. (IRCIM 2.0), vol. 4, no. 1, pp. 88–100, 2557.

D. L. Sihaloho, “Rancang Bangun Alat Uji Model Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro ( PLTMH ) Menggunakan Turbin Aliran Silang,” Bandar Lampung, 2017.

Haryadi, M. D, A. M, and M. D.R, “Pembuatan Runner Turbin Propeler Menggunakan CNC,” Pros. Semin. Nas. XVII Rekayasa dan Apl. Tek. Mesin di Ind. ITENAS, vol. 0, pp. 17–21, 2018.

H. Brekke, “Design, Performance and Maintenance of Francis Turbines,” in Glob. J. Res. Eng, 13th ed., 2013, pp. 29–40.

R. Mudzakir, “Rekayasa Ulang Turbin Francis Untuk Alat Bantu Praktek,” Politeknik Negeri Bandung, 2023.

D. S. Wie, “Perencanaan Dan Implementasi Prototipe Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH),” J. Tek. Elektro, vol. 7, no. 01, 2018.

F. R. Menter, Ten years of industrial experience with the SST turbulence model, Turbulence. 2012.

H. H. Jassim, F. M., Al-Dabbagh, A. S., & Al-Kayiem, “Turbulence models used for computational fluid dynamics (CFD) of forced convection heat transfer,” in Case Studies in Thermal Engineering, 14th ed., 2019.

M. J. Moran, H. N. Shapiro, D. D. Boettner, and M. B. Bailey, FUNDAMENTALS OF ENGINEERING THERMODYNAMICS, 8th ed. New York: John Wiley & Sons, 2014.

S. . Pope, Turbulent Flows. Cambridge University Press.

N. K. Bhargava, R.K., & Maheshwari, “CFD Analysis of Gas Turbine Blade in Rotating Frame,” Int. J. Mod. Eng. Res., pp. 890–894.

P. J. P. and J. C. Leylegian, Fox and McDonald’s Introduction to Fluid Mechanics, 8 th. New York, 2011.

B. R. Munson, T. H. Okiishi, W. W. Huebsch, Rothmayer, and A. P, Fundamentals of Fluid Mechanics Seventh Edition. 2013.

M. A. Yudika, “REKAYASA ULANG PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO (PLTMH) PORTABEL TIPE CROSS FLOW,” Politeknik Negeri Bandung, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jrm.v19i2.5108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Rekayasa Mesin

_____________________________________________________________________

   

Publisher:

Mechanical Engineering Department, Politeknik Negeri Semarang (Semarang State Polytechnic)
Address: Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang
Email: jurnalrekayasamesin@polines.ac.id
WA: 085669661997

_____________________________________________________________________

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a License Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 Internasional.

View Statistics