Investigasi Penambahan Betaine pada Media Quenching Surface Treatment untuk Meningkatkan Nilai Kekerasan Rel Kereta Api UIC R54

Fadli Rozaq, Hari Boedi Wahjono, Rafli Rianzah Putra, Willy Artha Wirawan, Marwan Effendy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi tingkat keefektifan penambahan betaine pada media quenching dalam proses surface treatment di rel kereta api tipe UIC R54. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu diawali dengan perlakuan surface treatment pada rel dibagian permukaannya. Media quenching yang dipakai adalah campuran air dengan betaine dengan perbandingan 65%:35%. Spesimen rel yang sudah mendapat perlakuan selanjutnya dilakukan pengukuran nilai kekerasan permukaan dan pengamatan struktur mikro. Nilai kekerasan raw material rel menunjukan angka 283,52 BHN. Pada spesimen yang telah mendapat perlakuan, nilai kekerasannya menunjukan angka 297,97 BHN. Fasa yang terbentuk pada spesimen raw material rel didominasi oleh pearlite dan ferrite. Untuk fase yang terbentuk pada spesimen yang telah mendapat perlakuan adalah martensite. Kesimpulan dari penelitian ini adalah camputan betaine 35% dengan air 65% sebagai media quenching pada proses surface treatment memberikan hasil yang baik untuk menambah kekerasan permukaan rel.

Keywords


kekerasan; media pendingin; struktur mikro; surface treatment; rel UIC R-54

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jrm.v19i1.4726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Rekayasa Mesin

_____________________________________________________________________

   

Publisher:

Mechanical Engineering Department, Politeknik Negeri Semarang (Semarang State Polytechnic)
Address: Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang
Email: jurnalrekayasamesin@polines.ac.id
WA: 085669661997

_____________________________________________________________________

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a License Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 Internasional.

View Statistics