Investigasi Penambahan Betaine pada Media Quenching Surface Treatment untuk Meningkatkan Nilai Kekerasan Rel Kereta Api UIC R54
DOI:
https://doi.org/10.32497/jrm.v19i1.4726Keywords:
kekerasan, media pendingin, struktur mikro, surface treatment, rel UIC R-54Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi tingkat keefektifan penambahan betaine pada media quenching dalam proses surface treatment di rel kereta api tipe UIC R54. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu diawali dengan perlakuan surface treatment pada rel dibagian permukaannya. Media quenching yang dipakai adalah campuran air dengan betaine dengan perbandingan 65%:35%. Spesimen rel yang sudah mendapat perlakuan selanjutnya dilakukan pengukuran nilai kekerasan permukaan dan pengamatan struktur mikro. Nilai kekerasan raw material rel menunjukan angka 283,52 BHN. Pada spesimen yang telah mendapat perlakuan, nilai kekerasannya menunjukan angka 297,97 BHN. Fasa yang terbentuk pada spesimen raw material rel didominasi oleh pearlite dan ferrite. Untuk fase yang terbentuk pada spesimen yang telah mendapat perlakuan adalah martensite. Kesimpulan dari penelitian ini adalah camputan betaine 35% dengan air 65% sebagai media quenching pada proses surface treatment memberikan hasil yang baik untuk menambah kekerasan permukaan rel.Downloads
Published
2024-04-30
How to Cite
Rozaq, F., Wahjono, H. B., Putra, R. R., Wirawan, W. A., & Effendy, M. (2024). Investigasi Penambahan Betaine pada Media Quenching Surface Treatment untuk Meningkatkan Nilai Kekerasan Rel Kereta Api UIC R54. Jurnal Rekayasa Mesin, 19(1), 37–44. https://doi.org/10.32497/jrm.v19i1.4726
Issue
Section
Articles
License
Copyright of articles that appear in Jurnal Rekayasa Mesin belongs exclusively to Penerbit Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang. This copyright covers the rights to reproduce the article, including reprints, electronic reproductions, or any other reproductions of similar nature.