Perancangan dan Analisis Transmisi Pada ATV Bak Listrik Menggunakan Metode Elemen Hingga

Dimas Rizki Kurniawan, Deri Teguh, Iman Dirja

Abstract


Pemakaian bahan bakar minyak menyebabkan energi fosil kian lama menghilang, selain itu pemakaian bahan bakar minyak pada kendaraan menyebabkan timbulnya polusi udara. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu mengganti kendaraan berbahan bakar fosil menjadi bahan bakar energi alternatif, salah satunya yaitu kendaraan listrik. Kendaraan yang diklasifikasikan sebagai kendaraan listrik adalah kendaraan yang ditenagai seluruhnya atau sebagian oleh motor listrik yang mengambil daya dari baterai. Kendaraan listrik untuk pedesaan yang dibuat yaitu berbentuk ATV Bak yang mengadopsi desain dari kendaraan ATV (All terrain vehicle). Kendaraan membutuhkan performa untuk berjalan, melewati tanjakan atau membawa beban yang berat.  Rasio transmisi menjadi salah satu bagian yang terpenting dalam performa kendaraan. Sistem transmisi juga bertindak untuk mengubah daya rotasi dan kecepatan. Mekanisme tersebut berfungsi untuk mentransfer tenaga mesin ke diferensial. Tujuan penelitian ini adalah (1) menentukan jumlah roda gigi yang akan dibuat, (2)  mendesain transmisi mengunakan solidworks 2020 (3) menganalisis gear transmisi dengan solidworks 2020. Metode penelitian menggunakan metode simulasi statis pada solidworks. Perancangan dan simulasi dilakukan menggunakan solidworks 2020. Material yang digunakan untuk simulasi pada gear yaitu baja S45C atau AISI 1045.  Hasil penelitian yaitu sebuah desain transmisi untuk ATV Bak listrik dan hasil simulasi statis dari gear. Pada gear A dan B diperoleh hasil stress max 108,2 Mpa, displacement max 0,006 mm, dan fos min 4,897. Kemudian Pada gear C dan D diperoleh hasil stress max 113.9 Mpa, displacement max 0.011 mm, dan fos min 4,652. Pada gear differensial diperoleh hasil stress max 183 Mpa, displacement max 0.038 mm, dan fos min 2,897. Sedangkan pada gear cacing diperoleh hasil stress max 159 Mpa, displacement 0.017 mm, dan fos min 3,322. Berdasarkan hasil penelitian, semua gear yang bekerja pada transmisi dapat dikategorikan aman karena fos2,5.

 

Keywords


Analisis; Kendaraan Listrik; Perancangan; Rasio; Transmisi

Full Text:

PDF

References


M. Adriana, A. A. B.P dan Masrianor, “Jurnal Elemen,” Rancang Bangun Rangka (Chasis) Mobil Listrik Roda Tiga Kapasitas Satu Orang, vol. 4, no. 2, 2017, p. 129-133.

A. F. Sa’adaha, A. Fauzib dan B. Juandab, “Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia,” Peramalan Penyediaan dan Konsumsi Bahan Bakar Minyak Indonesia dengan Model Sistem Dinamik, vol. 17, no. 2, 2016, p. 118-137.

D. Ridwan Arief Subekti, Peluang dan Tantangan Pengembangan Mobil Lisrik Nasional, Jakarta: LIPI Press, anggota Ikapi, 2014.

A. rent, “Mengenal Mobil Listrik Yang Kian Beragam dan Makin Diminati,” https://www.assarent.co.id/berita-promo/mengenal-mobil-listrik-yang-kian-beragam-dan-makin-diminati-1. PT Adi Sarana Armada Tbk., 29 April 2021. [Diakses pada tanggal 19 Juli 2023].

R. Budijanto dan ‎. Lamade, Inilah Dahlan, Itulah Dahlan, Jakarta: Noura Books, 2012.

J. W. Presiden Republik Indonesia, “Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 22 Tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional,” Lembaga Negara Republik Indonesia, Jakarta, 2017.

J. W. Presiden Republik Indonesia, “Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan,” Lembaga Negara Republik Indonesia, Jakarta, 2019.

S. H. Utami dan R. Halidi, “Kampus Merdeka ala Mas Menteri Nadiem Makarim, Seperti Apa Konsepnya?,” https://www.suara.com/lifestyle/2020/02/09/203138/kampus-merdeka-ala-mas-menteri-nadiem-makarim-seperti-apa-konsepnya. Suara.com, 9 Februari 2020. [Diakses pada tanggal 19 Juli 2023].

M. Sumantri Widya Praja. M.Sc dan dkk, “Infrastruktur Pendukung Pengoperasian Mobil Listrik,” dalam Book Chapter Dampak Mobil Listrik Terhadap Pertumbuhan Transportasi, Bekasi, PTDI PRESS, 2022, p. 125.

S. K. AAIA, S. IGAK dan A. A. I. Ketut, Geometric Progression Application In Design Transmission Gear Ratio, Denpasar: International Conference on Suistanable Technology Development, 2014.

I. G. A. K. Suriadi, I. K. A. Atmika dan I. M. D. B. Penindra, “Jurnal Energi dan Manufaktur,” Perbaikan Performa Traksi dengan Modifikasi Rasio Gigi Tansmisi, vol. 7, no. 2, 2014, p. 193-198.

Suzuki, “Sistem Transmisi: Jenis, Komponen dan Cara Kerjanya,” https://www.suzuki.co.id/tips-trik/sistem-transmisi-jenis-komponen-dan-cara-kerjanya?pages=all#:~:text=Ada%20beberapa%20macam%20fungsi%20dari,segi%20beban%20dan%20kondisi%20jalan. Suzuki Indonesia, 15 September 2021 [Diakses pada tanggal 19 Juli 2023].

S. Indonesia, “Best Practise Analisa injeksi dengan SOLIDWORKS Plastics,”. https://arismadata.com/solidworks/blog/2023/02/best-practise-analisa-injeksi-dengan-solidworks-plastics/. Arismadata.com, 21 Februari 2023. [Diakses pada tanggal 19 Juli 2023].

R. Ismail, Munadi, Z. K. Ahmad dan A. P. Bayuseno, “ROTASI,” Analisis Displacement dan Tegangan von Mises Terhadap Chassis Mobil Listrik Gentayu, vol. 20, no. 4, p. 231-236, 2018.

D. Hendriono, “Roda Gigi : Rasio, Torsi dan Kecepatan,” https://henduino.github.io/library/engine/hitung-roda-gigi/. Henduino Library, 7 Oktober 2020. [Diakses pada tanggal 19 Juli 2023].




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jrm.v19i1.4702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Rekayasa Mesin

_____________________________________________________________________

   

Publisher:

Mechanical Engineering Department, Politeknik Negeri Semarang (Semarang State Polytechnic)
Address: Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang
Email: jurnalrekayasamesin@polines.ac.id
WA: 085669661997

_____________________________________________________________________

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a License Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 Internasional.

View Statistics