Kinerja Kapal KM. Mantis Untuk Pukat Udang Ganda Kembar
Budhi Santoso 1), Sarwoko 2) 1).Akademi Tek. Perkapalan Veteran Smg Universitas Diponegoro Semarang
Abstract
Studi kinerja kapal motor ini didasarkan pada penggantian penggunaan alat tangkap. Penggantian alat tangkap dari doubel rig shrimp trawl menjadi doubel rig shrimp twin trawl. Sedangkan lambung kapal dan sistem propulsi tidak berubah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhitungan tahanan kapal, resistensi alat tangkap, dan engine matching propeller. Sehingga kita dapat mengetahui kinerja kapal setelah penggantian sistem alat tangkap tersebut. Identifikasi Kapal dan sistem propulsi dilakukan pada kapal ikan jenis trawl. Hasil dari penelitian ini digunakan sebagai dasar untuk membandingkan perhitungan dan analisis kemampuan dengan kebutuhan daya mesin utama yang diperlukan oleh kapal. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis yang telah dilakukan didapatkan bahwa kondisi mesin yang terpasang tidak mampu memenuhi kebutuhan kapal dengan adanya perubahan alat tangkap. Untuk mengatasi hal permasalahan tersebut maka penulis merekomendasikan dengan perubahan baling-baling, dengan perubahan diameter propeller dan penambahan daun baling-baling sehingga mesin utama yang ada dapat bekerja maksimal. Dengan menggunakan perhitungan dan analisis kembali dengan baling-baling dianjurkan dan daya yang dibutuhkan untuk optimal oleh mesin utama di kapal FV Mantis.
Mechanical Engineering Department, Politeknik Negeri Semarang (Semarang State Polytechnic) Address: Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang Email: jurnalrekayasamesin@polines.ac.id WA: 085669661997