Analisis Kekuatan Rangka Mesin Pengolah Limbah Tulang Ikan Menjadi Bahan Dasar Pakan Ternak Berkapasitas 500 kg/jam Menggunakan Penggerak Motor Bensin 5,5 HP

Ali Sai'in, Bambang Sumiyarso, Ragil Tri Indrawati, Eko Saputra

Abstract


Limbah ikan yang berada di pasar-pasar ikan yang biasanya hanya dibuang dipasar dalam menjadi limbah yang dapat menimbulkan bau yang tidak sedap di pasaran, limbah ikan ini mempunyai nilai ekonomis yang rendah dan belum termanfaatkan dengan optimal. Untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan nilai ekonomis dari hasil pemeliharaan ternak ikan dengan mengolah limbah tulang ikan menjadi bahan dasar pakan ternak dan membantu masyarakat untuk membuka suatu usaha dengan memanfaatkan limbah ikan, maka dibuat suatu perencanaan pembuatan mesin pengolah limbah tulang ikan menjadi bahan dasar pakan ternak dengan mesin penggiling T-52. Pembuatan mesin pengolah limbah ikan ini dimulai dari identifikasi dan pengamatan terhadap mesin pengolah limbah tulang ikan yang telah ada sebelumnya kemudian merumuskan bahan apa saja yang diperlukan yang hendak digunakan, lalu membuat gambar rancangan mesin, evaluasi dan dilanjutkan ke proses pembuatan mesin dan terakhir adalah pengujian mesin. Dari hasil pengujian mesin ini mampu untuk menghasilkan kehalusan yang seragam serta sesuai dengan ukuran penyaringyang digunakan. Kapasitas mesin pengolah limbah tulang ikan ini adalah 500 Kg/Jam untuk ukuran penyaring 10 dan 5 mm.


Keywords


limbah tulang ikan, penggiling T-52

Full Text:

PDF

References


Damanti, Rennisca Ray, Dkk. Rilis Data Kelautan dan Perikanan Tri Wulan 1 Tahun 2022. Pusat Data, Statistik, Dan Informasi Sekretariat Jenderal Kementerian Kelautan Dan Perikanan, 2022.

Ernawati, Ernawati, Hapsari Titi Palupi, and Eko Agus Alfianto. "TEKNOLOGI PENGOLAHAN KERUPUK SINGKONG RASA BALADO DARI PEMANFAATAN LIMBAH IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus) DI DESA MOJOREJO BATU JAWA TIMUR." AGROMIX 9.2 (2018): 57-66.

“BBRP2BKP Kembangkan Riset Pengolahan Limbah Patin, Diantaranya Minyak Ikan”. suaratani.com. 03 Desember 2021. 29 Juli 2022. BBRP2BKP Kembangkan Riset Pengolahan Limbah Patin, Diantaranya Minyak Ikan (suaratani.com)

Mumtaza, Andika. ANALISIS PROSES MANUFAKTUR MESIN PENCETAK PELET PAKAN IKAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN FOR MANUFACTURE AND ASSEMBLY (DFMA). Diss. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, 2021.

Aldy Pratama, Septa. PEMBUATAN RANGKA MESIN PELET IKAN 3 IN 1. Diss. DIII Teknik mesin Politeknik Harapan Bersama, 2021.

Fajri, Mochamad Ubaedillah, and Yopi Handoyo. "ANALISIS MATERIAL BAJA ASTM A36 PADA DAUN PINTU AIR BENDUNG BEKASI DENGAN METODE SIMULASI BUILDING INFORMATION MODELING." JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN 6.2 (2018): 53-60.

Muchlis, Abdul. DESAIN DAN ANALISA RANGKA ALAT PENCETAK PELET MENGGUNAKAN APLIKASI SOLIDWORK 2018. Jurusan Teknik Mesin. Universitas Gunadarma, 2021.

“Faktor Keamanan (Safety Factor) Dalam Perancangan Elemen Mesin”. Laskarteknik.co.id.10 Oktober 2012. 29 Juli 2022. Faktor Keamanan(Safety Factor) Dalam Perancangan Elemen Mesin | LASKAR TEKNIK

Mustaqiem, Aqshal Diinil. "Analisis Perbandingan Faktor Keamanan Rangka Scooter Menggunakan Perangkat Lunak Solidwork 2015." Jurnal Teknik Mesin Mercu Buana 9.3 (2020): 164-172.

Latianingsih, Nining, et al. "Strategi Marketing 4.0 pada Pasca Panen Ikan Lele di Desa Curug Kecamatan Gunung Sindur Kabupaten Bogor." Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 3.2 (2021): 72-76.

RETNOKTAPIAN, EGHA. ANALISA KINERJA MOTOR BENSIN MODEL TV1 DENGAN VARIASI KOMPRESI DAN MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PREMIUM, PERTALITE DAN PERTAMAX. Diss. Universitas Hasanuddin, 2019.

Nurjaman, Agus, and Zenal Abidin. "Analisis Mesin Pemutar Es Krim Dengan Sistem Control Timer." (2019): 171-180.

Sularso, Kiyokatsu Suga. 2004. Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta: Pradya Paramita.

Sularso & Suga, K. (2002). Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

Didik, Eko, Mardjuki Mardjuki, and Jumiadi Jumiadi. "Analisa Pengaruh Deformasi Plastis Terhadap Struktur Mikro Dan Kekerasan Pada Baja St 42." TRANSMISI 11.1 (2015): 19-26.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jrm.v17i3.3857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Rekayasa Mesin

_____________________________________________________________________

   

Publisher:

Mechanical Engineering Department, Politeknik Negeri Semarang (Semarang State Polytechnic)
Address: Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang
Email: jurnalrekayasamesin@polines.ac.id
WA: 085669661997

_____________________________________________________________________

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a License Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 Internasional.

View Statistics