Aplikasi Jig pada proses pembuatan Hook untuk Meningkatkan Efisiensi Waktu Pengelasan Menggunakan Rotary Welding: Studi Kasus di Industri Karoseri

Carli Carli, Eko Saputra, Daryadi Daryadi, Sunarto Sunarto

Abstract


Proses pengelasan Hook di PT. Mekar Armada Jaya masih menggunakan cara manual, sehingga berakibat pada lamanya proses pengelasan, pengelasan tidak stabil dan tidak merata. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan efisiensi waktu dan kualitas hasil pengelasan dengan membuat jig untuk proses pembuatan hook menggunakan rotary welding dengan motor penggerak 0.25 HP. Metode yang digunakan untuk merancang bangun jig ini yaitu identifikasi kebutuhan, rumusan masalah, sintesis, analisis, evaluasi dan penyajian. Pada penelitian ini, pengujian pengelasan manual SMAW, pengelasan semi-otomatis SMAW dan pengelasan otomatis MIG dilakukan dengan meninjau hasil diameter pengelasan dan waktu pengelasan. Hasil menunjukkan diameter yang dihasilkan pada pengujian manual SMAW, semi-otomatis SMAW dan otomatis MIG secara berurutan adalah 7,07; 6,36; dan 6,2 mm. Sedangkan waktu pengelasan untuk pengujian manual SMAW, semi-otomatis SMAW dan otomatis MIG secara berurutan adalah 7 menit 40 detik; 6 menit 19 detik; dan 1 menit 36 detik. Alat ini mampu menghemat waktu pengelasan hingga 85% dibanding pengelasan manual.

Keywords


Jig; Hook; Rotary Welding

Full Text:

PDF

References


Hoffman, E.G., 2004, Jig and Fixture Design, Fifth Edition, Delmar Learning Drafting series, United States of America.

Venkataraman, K., 2015, Design of Jigs, Fixtures and Press Tools, John wiley and Sons Ltd, United Kingdom.

Josh, P.H., 2003, Jigs and Fixtures: Design Manual second edition, McGraw-Hill.

Suhartinah, Muhammad hidayat dan Ardi Winata, (2018), Rancanag Bangun jig Rotary Table menggunakan Motor Servo HG-KR43B pada Mesin Spot welding, Seminar Nasional Instrumentasi, control dan Otomasi (SNIKO) 2018, Bandung, Indonesia, hal. 5.

Kurniawan, W.D., Fahmi, N.K.A., Tarmuji, 2020, Perancangan Universal Jig Rotary underframe kereta PT. Industri Kereta Api madiun, Indonesian journal of engineering and Technology, Vol. 3, No. 1, hal. 10-16.

Subarkah, W.H.,2021, Perancangan Jig Rotary Welding untuk Underframe PPCW 57 Ton di PT. INKA (Persero). Tugas Akhir D3 Teknik Mesin, Universitas Gadjah Mada.

Pratama, M.Y., Budiarto, U., Jokosisworo, S., 2019, Analisa Perbandingan Kekuatan Tarik, Tekuk, dan Mikrografi pada sambungan las baja SS400 akibat Pengelasan FCAW (Flux-Cored Arc Welding) dengan Variasi Jenis kampuh dan Posisi Pengelasan, Jurnal Teknik perkapalan, Vol. 7, No. 4, hal. 203-214.

Bambang, K., 2010, Perlakuan Pack Carburizing Pada Baja Karbon Rendah Sebagai Material Alternatif Untuk Pisau Potong Pada Penerapan Tepat Guna, Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2010. Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang. Vol. 4, No. 2, hal. 21.

STP Team, 2015, Baja SS400 bukan Stainless steel tapi Structural Steel, https://www.steelindopersada.com/ 2015/03/ss400-structural-steel-bukan-stainless-steel.html, diakses 17 juni 2022.

Sigley’s. 2011. Mechanical Engineering Design (Ninth Edition). New York: McGraw-Hill Companies.

Al-Bahra bin Ladjamudin. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Khurmi, R.S., Grupta, J.K., 2005, Machine Design A textbook for The Student of B.E/B tech. New Delhi: Eurasia Publishing House Ltd.

Mott, R. L. 2004, Machine Elements In Mechanical Design, Fouth Edition Perason Education, New Jersey.

Sato, G. Takeshi dan N. Sugiarto Hartanto. 1986. Menggambar Mesin Menurut Standar ISO. Jakarta: Pradnya Paramita.

Sularso, Kiyokatsu Suga. 1997. Dasar Perencanaan dan Pemilihan Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jrm.v17i2.3730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Rekayasa Mesin

_____________________________________________________________________

   

Publisher:

Mechanical Engineering Department, Politeknik Negeri Semarang (Semarang State Polytechnic)
Address: Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang
Email: jurnalrekayasamesin@polines.ac.id
WA: 085669661997

_____________________________________________________________________

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a License Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 Internasional.

View Statistics