Konsep Desain Mesin Panen Garam Kendali Manusia Berkapasitas 25 kg per Batch

Didik Ariwibowo, Sutrisno Sutrisno, Juli Mrihardjono, Bagus Wijayanto, Budi Prasetyo

Abstract


Di Indonesia, proses panen garam dari meja garam dilakukan oleh manusia dengan menggunakan sekop. Proses tersebut tidak produktif karena keterbatasan tenaga manusia yang melakukan di bawah lingkungan panas terik matahari. Untuk itu, konsep desain mesin panen garam dikemukakan dan dievaluasi. Metode dalam mengonsep desain mesin panen garam merujuk pada metode desain rekayasa dari Pahl dan Beitz, yang dimulai dari dekomposisi fungsi hingga keputusan memilih konsep desain terbaik. Konsep desain mengarah bahwa mesin panen garam tersebut digunakan untuk mengambil garam dari meja garam dan memindahkannya kedalam karung. Semua fungsi dilakukan dalam satu mesin dan digerakkan oleh suatu penggerak mula. Sedangkan pengendalian terhadap jalannya mesin dilakukan oleh manusia atau operator. Beberapa kriteria desain mesin diantaranya adalah kapasitas 25 kg garam per batch, dan berat mesin yang didukung oleh meja garam tidak lebih dari 30 kg untuk menjamin geoisolator meja garam tidak rusak. Tujuan dari evaluasi ini untuk mendapatkan konsep desain mesin terbaik yang produktif dan memenuhi kriteria. Tahap evaluasi desain meliputi dekomposisi fungsi, pengembangan konsep dengan bantuan matriks morfologi dan evaluasi kelayakan, yang menentukan apakah desain tersebut lolos atau tidak dengan menggunakan matriks keputusan. Secara teknis, beberapa konsep desain diajukan dan kemudian dikembangkan dengan dasar kriteria atau batasan-batasan desain. Hasilnya adalah suatu konsep desain mesin panen garam yang efisien, produktif, dan ramah lingkungan, yang direkomendasikan untuk selanjutnya dibuat prototipe virtual dan diuji.

Keywords


desain; garam; mesin; pahl; panen

Full Text:

PDF

References


Heru Susanto, Nur Rokhati, Gunawan W. Santosa, Development of Traditional Salt Production Process For Improving Product Quantity and Quality in Jepara District, Central Java, Indonesia, Procedia Environmental Sciences 23, ScienceDirect 2015: p.175.

Desa Lengkong. Petani tambak memanen garam di meja garam yang alasnya memakai geoisolator di Desa Lengkong Batangan. Lengkong, 10 September 2021. Tersedia pada laman: http://lengkong-batangan.desa.id/2021/09/10/petani-tambak-memanen-garam-di-meja-garam-yang-alasnya-memakai-geoisolator-di-desa-lengkong-batangan/. (Diakses pada tanggal 4 Februari 2022).

Pemerintah Kabupaten Pati. Alat ciptaan posyantek mina tani wedarijaksa ini jadi buruan kementrian desa. Admin-Prokompim, 13 April 2018. Tersedia pada laman: https://www.patikab.go.id/v2/id/2018/04/13/alat-ciptaan-posyantek-mina-tani-wedarijaksa-ini-j/. (Diakses pada tanggal 4 Februari 2022).

Uliyah L., Rama D., Jakfar A., Perancangan Alat Pengeruk Garam Menggunakan Sistem Blade Dozer dan Conveyor, Machine; Jurnal Teknik Mesin, 2021 April, 7(1): p.1

Meri Rahmi, Dedi Suwandi, Badruzzaman, Agus Sifa, Rancang Bangun Alat Pengerik Garam Dengan Sistem Roda Gigi di Kabupaten Indramayu. Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa (SENTRA); 2018

US Patent no. US3306419A

Wirtgen. Salt harvesting with 2 m milling machines in Australia and Turkey. Job Report Surface Mining. Australia: Wirtgen Mining. 2005.

K, Kathryn. Gqeberha engineer Heinrich Gerber builds a salt harvesting machine, 20 Oktober 2022. Tersedia pada laman: https://www.businesslive.co.za/fm/fm-fox/entrepreneurs/2022-10-20-gqeberha-engineer-heinrich-gerber-builds-a-salt-harvesting-machine/ . (Diakses pada tanggal 4 Februari 2022).

G. Pal, W. Beitz, J. Feldhusen, and K. H. Grote, Engineering design: A systematic approach. 3rd edition. London: Springer; 2007.

S. M. Smith, T. B. Ward, and R. A. Finke, Cognitive Processes in Creative Contexts, Creat Cogn. Approach 1995

R. A. Perdana, Design of Sand Sieving Machine to Increase Operator Work Productivity, Jurnal Teknik Waktu 2015

J. Ölvader, B. Lundén, and H. Gavel. A computerized optimization framework for the morphological matrix applied to aircraft conceptual design. CAD Compute. Aided Des 2009

A. Álvarez, T. Ritchey, Applications of general morphological analysis, Acta Morphol. Gen 2015

A. Kusiak, N. Larson, Decomposition and Representation Methods in Mechanical Design, Transactions of the ASME, June 1995.

L. S. Jensen, A. G. Özkil and N. H. Mortensen, Prototypes In Engineering Design: Definition and Strategies.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jrm.v17i3.3489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Rekayasa Mesin

_____________________________________________________________________

   

Publisher:

Mechanical Engineering Department, Politeknik Negeri Semarang (Semarang State Polytechnic)
Address: Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang
Email: jurnalrekayasamesin@polines.ac.id
WA: 085669661997

_____________________________________________________________________

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a License Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 Internasional.

View Statistics