Pengaruh Temperatur Pada Pack Carburizing Menggunakan Campuran Arang Tempurung Kelapa Dan Arang Bambu Terhadap Kekerasan Dan Struktur Mikro Baja EMS 45

Muhammad Rizki Ramadhan, Sunyoto Sunyoto

Abstract


Penggunaan suku cadang imitasi yang berakibat pada kegagalan suku cadang masih sering terjadi dengan penerapannya masih menggunakan baja karbon rendah, sehingga dapat mengakibatkan terjadinya keausan dan penurunan kualitas kekerasan pada permukaan baja. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat melalui metode pack carburizing. Pada metode pack carburizing dapat menggunakan beberapa parameter untuk mengeraskan permukaan baja, salah satunya adalah menggunakan variasi temperatur yang berguna untuk mengakibatkan terjadinya karbon terdifusi pada permukaan baja menjadi keras maupun solid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kekerasan dan struktur mikro yang dihasilkan melalui pack carburizing dengan variasi temperatur pada perpaduan Arang Tempurung Kelapa dan Arang Bambu sebagai karbon aktif dalam mengeraskan permukaan baja EMS 45 sebagai baja karbon sedang.  Variasi temperatur yang digunakan dalam proses ini sebesar 8700C, 9150C, dan 9600C dari raw material selama 120 menit. Hasil yang didapatkan pada proses tersebut menunjukkan nilai kekerasan tertinggi yang diperoleh pada suhu 9600C sebesar 249,57 kg/mm2 (VHN) dari raw material sebesar 221,70 kg/mm2 (VHN).  Sedangkan pada pengujian struktur mikro terjadi perubahan struktur ferrite menjadi struktur pearlite yang cukup signifikan, dengan suhu 9600C  menghasilkan struktur pearlite lebih mendominasi daripada raw material yang menghasilkan struktur ferrite. Dengan demikian semakin tinggi temperatur yang digunakan pada metode pack carburizing, maka nilai kekerasan pada permukaan baja semakin tinggi, dan struktur mikro yang dihasilkan lebih mendominasi struktur pearlite sebagai unsur keras daripada ferrite sebagai unsur lunak.


Keywords


EMS 45; Kekerasan; Pack Carburizing; Struktur Mikro

Full Text:

PDF

References


Wibowo, A. T., Achmad, K. S. Pengaruh Proses Quenching Dengan Media Pendingin Air Dan Oli Terhadap Kekerasan Baja Dan Struktur Mikro. Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa " ROTARY". 2020, 2(2): p. 137-148.

Chowwanonthapunya, T., Xin, M., Chaiyawat, P. Study on carburized steel used in maritime industry: The influences of carburizing temperature. Maritime Technology and Research. 2020, 2(1): p. 33-39.

Ramlan., Amin, B. Efek Variasi Suhu Pack Carburizing Baja St 41 terhadap Kekerasan dan Kekuatan Impak. Journal of Technical Engineering. 2020, 4(1): p. 34–37.

Panjaitan, A.. Pengaruh Bahan Baku Arang Aktif Pada Proses Carburizing Terhadap Sifat Mekanis Baja Bohler EMS-45 Untuk Center Dead Mesin Bubut Konvensional. Jurnal Ilmiah "MEKANIK" Teknik Mesin ITM. 2015, 1(2): p. 88–97.

Fahreza, M. I.., Fakhriza. Hamdani. Analisa Pengaruh Waktu Penahanan Terhadap Nilai Kekerasan Baja AISI 1050 Dengan Metode Pack Carburizing. Jurnal Mesin Sains Terapan. 2017, 1(1): p. 52–56.

Suarsana, K. Cok, I. P. K., Astika, I. M., Pengaruh Perlakuan Temperatur dan Waktu Penahanan Pack Carburizing Terhadap Umur Lelah Baja St 42. Jurnal Energi dan Manufaktur. 2018, 11(1): p. 21-24.

Gunawan, E. Analisa Pengaruh Temperatur Terhadap Sifat Mekanis Dan Struktur Mikro Pada Baja Karbon Rendah (St 41) Dengan Metode Pack Carbirizing. Engineering and Sains Journal. 2017, 1(2): p. 117-124.

Nugroho, E., Sulis . D. H., Asroni., Wahidin. Pengaruh Temperatur Dan Media Pendingin Pada Proses Heat Treatment Baja AISI 1045 Terhadap Kekerasan Dan Laju Korosi. Jurnal Program Studi Teknik Mesin UM Metro. 2019, 8(1): p. 99–110.

Farokhi, M., Wirawan S., Rusiyato., Pengaruh Kecepatan Putar Spindle (Rpm) Dan Jenis Sudut Pahat Pada Proses Pembubutan Terhadap Tingkat Kekasaran Benda Kerja Baja EMS 45. Sainteknol. 2017, 15(1): p. 85–94.

Tahir, M., A., Pengaruh Variasi Komposisi Dan Ukuran Partikel Terhadap karakteristik Briket Kombinasi Arang Tempurung Kelapa Dengan Arang Bambu. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin; 2019. P92.

Saputro, D., Setiadi, G., Wibowo, S., Analisis Pengaruh Waktu Tahan (Holding Time) Terhadap Kekerasan Baja AISI 4140 Dengan Metode Pack Carburizing Media Arang Bambu. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin. 2019, 7(1): p. 48–54.

Nurhilal, M. Pengaruh Temperatur, Holding Time Proses Pack Carburizing Baja Karbon Terhadap Sifat Fisik Dan Mekanik. Jurnal Teknologi. 2017, 10(2): p. 153–162.

Sakura, R.. R., Suheni., Iskandar, D. D., Pengaruh Variasi Karbon Aktif Dan Waktu Tahan Terhadap Kekerasan Material JIS G-3123 Menggunakan Metode Pack Carburizing, Rekayasa Energi Manufaktur (REM) Jurnal. 2017, 2(1): p. 31-35.

Payadnya, I. P. A. A., Jayantika, I. G. A. N. T., Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA; 2018. p 190.

Kuswanto, B. Pengaruh Perbedaan Ukuran Butir Arang Tempurung Kelapa-Barium Karbonat Terhadap Peningkatan Kekerasan Permukaan Material Baja ST 37 Dengan Proses Pack Carburizing. Semarang: Universitas Diponegoro; 2010. P83.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jrm.v17i3.3468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Rekayasa Mesin

_____________________________________________________________________

   

Publisher:

Mechanical Engineering Department, Politeknik Negeri Semarang (Semarang State Polytechnic)
Address: Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang
Email: jurnalrekayasamesin@polines.ac.id
WA: 085669661997

_____________________________________________________________________

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a License Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 Internasional.

View Statistics