Analisis Aerodinamika Bodi Mobil Hemat Energi Kelas Urban Menggunakan Simulasi Computational Fluid Dynamics

Authors

  • Glaudius Alexander Vajra Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Sheila Tobing Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Isdaryanto Iskandar Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

DOI:

https://doi.org/10.32497/jrm.v16i2.2552

Keywords:

aerodinamis, CFD, KMHE, koefisien gaya hambat

Abstract

Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) merupakan kompetisi nasional yang diselenggarakan setiap tahun untuk menguji kemampuan merancang dan mengompetisikan kendaraan yang ramah lingkungan. Sejak tahun 2017, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya secara rutin mengikuti kompetisi ini melalui Workshop Mesin UNIKA Atma Jaya (WSM) pada kategori Urban. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain bodi yang aerodinamis dengan target nilai koefisien gaya hambat lebih rendah dari 0,35 (CD  0,35). Penelitian dilakukan menggunakan simulasi CFD pada software ANSYS v17.2. Perancangan bodi dimulai dengan membuat desain base model untuk menyesuaikan dengan regulasi KMHE 2019 serta sasis dan komponen kelistrikan yang baru. Modifikasi desain base model dilakukan untuk mencapai target nilai CD. Modifikasi yang dilakukan berupa penambahan spoiler, membuat coakan pada bagian bawah di sisi belakang kendaraan dan memperhalus sudut tajam pada desain bodi. Modifikasi tersebut menghasilkan desain bodi dengan nilai CD rata-rata sebesar 0,295183 yang akan digunakan oleh tim WSM untuk menghadapi KMHE 2021.

Author Biographies

Sheila Tobing, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Fakultas Teknik Program Studi Teknik Mesin

Isdaryanto Iskandar, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Fakultas Teknik Program Studi Teknik Mesin

Downloads

Published

2021-08-27