Analisa Konsumsi Daya Sistem Penerangan Mobil Gentayu UNDIP pada Saat Hujan dan Tidak Hujan untuk Mendapatkan Jenis Lampu yang Memiliki Efesiensi Daya

Trio Setiyawan, Ragil Tri Indrawati

Abstract


Mobil listrik Gentayu UNDIP sumber utama penggeraknya adalah baterai maka dari itu untuk membuat efesiensi penggunaan daya baterainya dibutuhkan analisa konsumsi daya pada perangkat kelistrikan pendukung mobil listrik gentayu UNDIP. Pada saat penggunaan malam konsumsi daya akan bertambah karena pengunaan sistem penerangan terlebih lagi ketika kondisi hujan ada sistem pendukung lain yaitu system wiper yang harus bekerja oleh karena itu dengan kondisi tersebut dibutuhkan penelitian untuk mencari efesiensi penggunaan daya baterai dimana penilitian ini belum pernah dilakukan pada mobil Listrik Gentayu UNDIP. kami akan mencoba untuk menganalisa jenis lampu yang tempat untuk sistem penerangan pada mobil listrik Gentayu UNDIP, untuk mendapatkan jenis lampu yang Efesiensi daya dan memiliki intensitas cahaya yang tinggi ujicoba yang dilakukan adalah dengan cara melakukan perhitungan langsung konsumsi daya jenis lampu filament dan lampu LED dengan tambahan system wiper bekerja atau tidak bekerja. Perhitungan konsumsi baterai dan intensitas cahaya pada jarak antara tinggi 100cm dari 67.9 cm pada dua jenis penerangan, yaitu lampu jenis LED dan lampu jenis fillamen pada tegangan maksimum baterai 12,30 volt menggunakan baterai 12 Volt 35 Ah. Hasil penelitian menunjukkan lampu filament dengan kodisi wiper hidup memiliki intensitas cahaya sekitar 850 Lux pada tegangan awal 12,30 Volt dan turun menjadi 720 Lux dengan tegangan menjadi 11,86 Volt setelah dinyalakan selama 60 menit. Sedangkan lampu LED memiliki intensitas cahaya sekitar 1690 Lux pada tegangan awal 12,30 Volt dan setelah menyala selama 60 menit intensitas cahaya menjadi 160 Lux dengan tegangan 12,10 Volt. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan lampu LED dalam kondisi kondisi hujan dengan hidupnya wiper lebih memiliki efisiensi daya lebih ketimbang lampu Fillamen dalam kondisi yang sama dan lampu LED memiliki Lument cahaya yang lebih tinggi. Penurunan tegangan untuk konsumsi lampu LED dengan kondisi hujan atau wiper bekerja cenderung lebih lambat yaitu 0,20 Volt untuk pemakaian 1 jam, dibandingkan dengan lampu halogen 0,46 Volt untuk pemakaian 60 Menit.

Keywords


LED; Lument; Tegangan.

Full Text:

PDF

References


INL, The History of Electrical, Idaho National Laboratory, on line www.inl.org, [10 Februari 2021].

VEVA, A Brief history of Electric Vehicle, on line www.veva.ca, [10 Februari 2021].

US Dept of Energi, The history of Elecrical Cars, on line www.energi.gov, [10 Februari 2021 ].

EAA, Electric Vehicle History, Electric Auto Association, on line www.eaaev.org, [10 Februari 2021].

Perdana, W., Inilah Perkembangan Mobil Listrik Nasional, on line www.inilah.com, [8 Maret 2021].

Stalony, V., Aplikasi Brushless DC Motor pada Industri, on line www.acanemia.edu, [8 Oktober 2014].

Appleyard M., 1992, Electric Vehicle Drive System, Journal of Power Sources, 37(1-2),189-200.

Faiz J. et al., (1994). Simulating and Analisis of Brushless DC Motor Drivers Using hysteresis, Rump Comparion and Predictive Current Control Techniques, Simulation Practice and Theory, International Journal of the Practice and Theory, Federation of European Simulation Societies, Elsevier, 3, 647-636.

Qiangpin, W., Wenchao, T., (2012). Design of Permanen Magnet Brushless DC Motor ControlSystem Based on ds PIC30F4012, Procedia Engineering, 29, 4223-4227.

Akiosaki, S., Ogawa, H., Nakajima, M., (2001). Development of an ultra-thin DC brushless motor for a Hybrid Car, JSAE Review, 22(3), 287-292

Dwifa, M, Beny. Design of Electric City Car using Wheel Hub Motors Type, Faculty of Engineering, University Dipenegoro, Semarang : 2017

Patil, S.N., Kendre, S., Prasad, R.C., “Battery Monitoring System using Microcontroller,” Int. J. Comput. Appl., vol. 28, no. 6, pp. 11–14 : 2011.

Purwadi, A., Dozeno, J., Heryana, N., Testing Performance of 10kW BLDC Motor and LiFe PO4 Battery on ITB-1Electric Car Prototype, Procedia Tecnologi, 11, 1074-1082 : 2013

Setiyawan,T., Ismail, R., Bayuseno, A.P., Analysis of battery consumption of Gentayu electric car on different types of headlight. AIP Conference Proceedings 1977;13 Desember 2017 : Solo, Indonesia. AIP Publishing; 2017. 1788 (1). p 030068, 2018

Setiyawan, T., Design and Analysis of Electrical Systems Gentayu UNDIP Car, Faculty of Engineering, University Diponegoro, Semarang : 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jrm.v16i1.2497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekayasa Mesin

_____________________________________________________________________

   

Publisher:

Mechanical Engineering Department, Politeknik Negeri Semarang (Semarang State Polytechnic)
Address: Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang
Email: jurnalrekayasamesin@polines.ac.id
WA: 085669661997

_____________________________________________________________________

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a License Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 Internasional.

View Statistics