Rancang Bangun Mesin Pemasang Snap Ring untuk Mengurangi Cycle Time pada Assembling Transmission FF di PT. AWI

Timotius Anggit Kristiawan, Zaenal Abidin, Panji Setya Laksono, Wahyu Isti Nugroho

Abstract


Sejalan dengan tujuan pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara industri yang tangguh pada tahun 2025, perlunya dukungan terhadap industri komponen otomotif dalam proses produksi untuk memenuhi kubutuhan dalam negeri. Latar belakang penelitian ini adalah target cycle time pada assembling transmission FF tidak tercapai (melebihi target waktu yang ada di TSK PT. Akashi Wahana Indonesia), dikarenakan terdapat proses pemasangan snap ring yang masih manual. Penyebabnya adalah proses pemasangan snap ring dilakukan secara manual menggunakan tenaga manusia dimana proses pemasangannya menggunakan tuas yang tinggi yaitu sejajar dengan bahu operator serta dalam satu shift kerja harus memasang snap ring pada 495 produk. Pemasangan dengan cara ini dimungkinkan mengakibatkan kelelahan pada operator, karena posisi tuas yang kurang ergonomis. Data aktual cycle time assembling transmission FF sebesar 98,015 detik, adapun TSK assembling transmission FF sebesar 96 detik. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu adanya solusi yaitu dengan membuat rancang bangun mesin press pneumatik semi otomatis berbasis PLC untuk pemasangan snap ring pada input shaft gear dan mengurangi cycle time pada assembling transmission FF line. Pengujian yang dilakukan yaitu pengujian cycle time pada assembling transmission FF. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah mesin press pneumatik untuk pemasangan snap ring dapat mengurangi cycle time sebesar 3,48%.

Keywords


assembling transmission; cycle time; mesin press; pneumatik

Full Text:

PDF

References


Triwulandari, S.D., Dedy, S., Dorina, H., Peluang dan Tantangan Industri Komponen Otomotif Indonesia. Jurnal Elektronik Unipdu. 2012; 1(2).

Albertus, A. Pentingnya Kolaborasi Inovasi Perguruan Tinggi dengan Indsutri. https://edukasi.kompas.com/read/ 2020/10/16/081247371/pentingnya-kolaborasi-inovasi-perguruan-tinggi-dengan-industri?page=all. Kompas.com; 2020 (diakses pada tanggal 16 April 2021).

Mulyadi., Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen: Sistem Pelipatganda Kinerja Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat; 2007.

Jaka, P., Abdul Haris, H.A., Perancangan Mesin Secara Ergonomi untuk Meningkatkan kapasitas produksi di UKM Mabel. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan IV (SNTEKPAN IV); 26 Oktober 2016; Surabaya, Indonesia. p. B 1-8.

Wavhal, S., Mahadik, S., Angre, A., Shedge , U. K., & Kashikar, A., A Review on Optimization of Cycle time by Using Various Techniques. International Journal of Engineering Development and Research (IJEDR). 2017; 5(1): p.723 - 725.

Ismail, F., Tri, W., Peningkatan Produktivitas menggunakan Metode Line Balancing pada Proses Pengemasan di PT.XYZ. Journal Industrial Manufacturing. 2018; 3(1): p. 57-63.

Dutt, K., Analytical Description of Pneumatic System. International Journal of Scientific & Engineering Research. 2013; 4(9).

Setiawan, B., Rasma., Rancang Bangun Mesin Press Briket dari Bahan Serbuk Kayu Sistem Pneumatik Menggunakan 5 Tabung Percetak. Jurnal Program Studi Teknik Mesin UM Metro, 2019; 8(2): p. 135-142.

Hudallah, N., Rancang Bangun Sistem Pneumatis Untuk Pengembangan Modul-Modul Gerak Otomatis sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Teknik Elektro. 2010; 2(1).

Rooney, J. J., & Heuvel, L. N., Root Cause Analysis for Beginners. Quality Progress; 2004.

Doggett, A. M., Root Cause Analysis a Framework for Tool Selection. Quality Management Journal. 2005; 12(04).

Vorley, G., Mini Guide to Root Cause Analysis. Quality Management Training Limited; 2008.

Kadirun, Hasanuddin, Aryanto., Penerapan Sistem Stop Sign pada Pertigaan Jalan Berbasis Sensor Photoelectric Studi Kasus pada PT. Chevron Pacific Indonesia. Jurnal Fasilkom. 2016; 5(2).

Chriestie E.J.C. Mountolalu., Yohanes A.R. Langi., Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknoligo Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired sample T-Test). Jurnal Matematika dan Aplikasi deCartesiaN. 2018; 7(1): p. 44-46.

Machali, I., Statistik itu Mudah, Menggunakan SPSS Sebagai Alat Bantu Statistik. Yogyakarta: Ladang Kata; 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jrm.v16i1.2493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekayasa Mesin

_____________________________________________________________________

   

Publisher:

Mechanical Engineering Department, Politeknik Negeri Semarang (Semarang State Polytechnic)
Address: Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang
Email: jurnalrekayasamesin@polines.ac.id
WA: 085669661997

_____________________________________________________________________

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a License Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 Internasional.

View Statistics