Rancang Bangun Sprayer Pestisida Menggunakan Pompa Air DC 12 V dan Panjang Batang Penyemprot 6 Meter

Annafiyah Annafiyah, Soffatul Anam, Misbakhul Fatah

Abstract


Tanaman padi merupakan komoditi utama pertanian di Indonesia. Salah satu proses perawatan tanaman padi adalah penyemprotan pestisida sehingga tanaman padi terhindar dari hama. Proses penyemprotan pestisida yang dilakukan para petani pada umumnya harus berjalan mengikuti alur tanaman padi sambil menggendong penyemprot dan bahan pestisida (sprayer knapsack). Tentu saja hal tersebut dapat membuat petani cepat lelah dan membutuhkan waktu yang lama. Berdasarkan masalah tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan efektifitas kerja penyemprotan pestisida pada tanaman padi. Oleh karena itu, dilakukan penelitian rancang bangun sprayer dorong yang memiliki cakupan penyemprotan yang lebih luas. Sprayer ini didesain dengan menambahkan konstruksi rangka sebagai penggerak dan penopang sprayer, serta memiliki lengan dengan panjang 6 meter dan nozzle sejumlah 12 buah. Hasil dari rancang bangun sprayer Pestisida Menggunakan Pompa Air DC 12 V dan Panjang Batang Penyemprot 6 Meter adalah alat ini mampu melakukan penyemprotan secara luas dengan Kapasitas Lapang Efektif sebesar 0,73 ha/jam. Alat ini mudah digunakan karena dirancang dengan menggunakan roda yang mudah dipindahkan.

Keywords


Nozzle; Pestisida; Sprayer; Sprayer Knapsack.

Full Text:

PDF

References


Andremico, N. Rancang Bangun Dan Pengujian Unit Penyemprot Pada Alat Penyemprot Padi Tipe Balon. Sprayer, 2015.25.

Aspar, Ghulam., Gatot, Pramuhadi. Studi Aplikasi Knapsack Sprayer, Knapsack Power Sprayer, Dan Boom Sprayer Di Pt Laju Perdana Indah, Palembang, Sumatera Selatan. IPB. 2012.

Djojosumarto, P. Panduan Lengkap Pestisida & Aplikasinya. Agromedia. 1, 13-31. 2008.

Harry L. Field and John B. Solie. (2007). Introduction to Agricultural Engineering Third Edition. In Springer (3rd ed.). https://doi.org/10.1097/00010694- 195602000-00016.

Hermawan, W., Kinerja Sprayer Bermotor dalam Aplikasi Pupuk Daun di Perkebunan Tebu. Jurnal Keteknikan Pertanian. Vol. 26, No. 2, Oktober 2012.

Lechler USA. Klasifikasi Nozle. https://www.lechlerusa.com/en/resources/spray-facts/spray-pattern-classifications/. (Diakses Pada tanggal 03 Januari 2020).

Marno, Slamet, A., Eri, W., Modifikasi dan Pengujian Sistem Penyemprot Padi dengan Penambahan Pompa Elektrik. Jurnal Riset Sains dan Teknologi, Volume 4 No. 1, 1 – 6Maret 2020.

Priyatmoko, A., Sri, W., Xander, S. Analisis Tekanan Tangki Sprayer Dengan Variasi besar Diameter Roda Dan Panjang Tuas Engkol Peluncur Dengan Menggunakan Satu Pompa Pada Sprayer Semi Otomatis. Jurnal wahana ilmuan, Untidar. Vol 1, no.1. 2016

Salahudin, X., Sri, W., Miftahkul, K., Aris, P. Analisis Tekanan Pemompaan Mesin Sprayer Dorong Dengan Variasi Panjang Engkol Pompa Dan Diameter Roda. Prosiding SNST ke-8. 2017. P.47.

Sukman, Y dan Yakup. Gulma dan Teknik Pengendaliannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 160 hal. 2002.

Sulnawati, Endang., Sirajuddin, H, A., Asih, P., Analisis Teknis Dan Kajian Ergonomika Berdasarkan Antropometri Pada Penggunaan Traktor Tangan Untuk Lahan Sawah. Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem, Vol.4, No. 2. September 2016.

Tahir, A.R., F.H. Khan, A.A. Khan. Effect of constant flow valves on performance of pesticide sprayers. International Journal of Agriculture and Biology Vol. 5(1): 49-52. 2003.

Tetekonde, Stevan., Rudy, D., Rita, I. Analisis Kapasitas Lentur Sistem Penulangan Rangka Dengan Metode Finite Element. Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Makassar. 2017.

Yulia, Usrah, M., Iqbal., Daniel. Uji Kinerja dan Analisis Biaya Traktor Roda 4 Model AT 6504 dengan Bajak Piring (Disk Plow) pada Pengolahan Tanah. Program Studi Teknik Pertanian. Universitas Hasanuddin Makassar.

Zulpayatun., Cahyawan, C., Guyup, M., Performansi Traktor Tangan Roda Dua Modifikasi Menjadi Roda Empat Multifungsi (Pengolahan Dan Penyiangan) Untuk Kacang Tanah Di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem, Vol.5, No. 1. Universitas Mataram. Maret 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jrm.v16i1.2195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekayasa Mesin

_____________________________________________________________________

   

Publisher:

Mechanical Engineering Department, Politeknik Negeri Semarang (Semarang State Polytechnic)
Address: Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang
Email: jurnalrekayasamesin@polines.ac.id
WA: 085669661997

_____________________________________________________________________

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a License Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 Internasional.

View Statistics