Analisis Unjuk Kerja Mesin Sepeda Motor 4 Tak Dengan Penambahan Turbulator pada Intake Manifold
Setyawan Bekti Wibowo, Soeadgihardo Siswantoro, Program Diploma Teknik Mesin , Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
Abstract
Pada sepeda motor kualitas pencampuran udara dengan bahan bakar akan menentukan kualitas pembakaran dan emisi yang terjadi. Penambahan turbulator akan meningkatkan turbulensi sehingga menyebabkan campuran bahan bakar menjadi lebih homogen dan menjadi pembakaran sempurna. Akan tetapi efek dari penambahan turbulator akan menyebabkan kenaikan hambatan aliran yang menyebabkan jumlah bahan bakar yang masuk ruang bakar akan mengalami gangguan. Dalam penelitian ini dilakukan pengamatan nilai paling optimal penambahan turbulator dengan memvariasikan sudut serang sudu turbulator dengan sudut 350, 450, dan 550 serta posisi penempatan turbulator di intake manifold untuk jumlah sudu turbulator 2, 3, dan 4 bilah. Selain itu juga diamati visualisasi aliran menggunakan metode numerik untuk melihat pola aliran yang terjadi akibat penambahan turbulator.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan turbulator dengan 2 bilah sudu di bagian belakang dengan sudut 450 menghasilkan emisi yang paling baik, dikarenakan peningkatan olakan pada saluran sementara penurunan tekanan selama di saluran intake manifold cukup kecil.
Kata kunci : “turbulator”,”emisi”, “metode numerik”, “intake manifold”, “pembakaran sempurna”
Mechanical Engineering Department, Politeknik Negeri Semarang (Semarang State Polytechnic) Address: Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang Email: jurnalrekayasamesin@polines.ac.id WA: 085669661997