Rancang Bangun Mesin Pemberi Pupuk Cair Otomatis Hemat Daya Berbasis Iot untuk Budidaya Tanaman Organik

Diana Shofa, Deandra Tavania Dewi, Ikhwan Muhammad Faris, Ihda Fuad Baharudin, Herlina Mitasari, Aryo Satito

Abstract


Pemupukan menjadi proses penting dalam budidaya tanaman organik. Proses pemupukan yang tidak merata, tidak terjadwal, dan kurang terukur berpeluang menurunkan hasil panen. Rancang bangun alat pemberi pupuk cair otomatis untuk budidaya tanaman organik diperlukan agar proses pemupukan menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga mampu memperbesar peluang peningkatan hasil panen. Penelitian ini dilakukan untuk membuat rancang bangun mesin pemberi pupuk cair otomatis hemat daya berbasis IoT untuk budidaya tanaman organik. Dalam penelitian ini dilakukan perancangan sistem alat yang dapat mengintegrasikan fungsi Arduino, sistem IoT dan panel surya untuk lebih hemat daya. Kebutuhan pembuatan alat meliputi dosis pupuk cair, jumlah water sprinkler, kebutuhan pipa, alat ukur kelembaban tanah dan kapasitas solar cell. Hasil penelitian ini menghasilkan keluaran debit air 600 L/hektar dengan jangkauan keluaran pupuk cair yang disemprotkan 50 m2 tiap water springkler membentuk lingkaran. Waktu penyemprotan yang lebih singkat, jangkauan yang lebih luas, kemudahan mengontrol alat, dan hemat daya menjadikan alat ini menarik untuk diterapkan dalam budidaya tanaman organik agar mampu menghasilkan panen yang lebih baik. Hasil ini dapat digunakan sebagai referensi dalam merancang mesin pemberi pupuk cair otomatis hemat daya berbasis IoT untuk budidaya tanaman organik.

Keywords


otomatis; pemupukan; tanaman organik

Full Text:

PDF

References


Irsyad YMM, Kastono D. Pengaruh Macam Pupuk Organik Cair dan Dosis Pupuk Anorganik terhadap Pertumbuhan dan Hasil Jagung (Zea mays. L.). Vegetalika. 2019;8(4):263.

Marpaung A, Karo B, Tarigan R. Pemanfaatan Pupuk Organik Cair dan Teknik Penanaman Dalam Peningkatan Pertumbuhan dan Hasil Kentang. J Holtikultura. 2014;24(1):49–55.

Raksun A. Aplikasi Pupukorganik Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Bibit Jambu Mete (Anacardium occidentale L.). J Biol Trop. 2016;16(2):1–9.

Gusnidar. Pemanfaatan Titonia Sebagai Pupuk Alternatif dan Bahan Subtitusi Pupuk N, P, dan K, Bagi Padi Sawah Intensifikasi yang Diberi P Secara Starter. J Solum. 2017;14(2):76–82.

Dispertan KBP. Pembinaan Kelompok Tani Sumber Rejeki [Internet]. 2020. Available from: https://dispertan.semarangkota.go.id

Patti P., Kaya E, Silahooy C. Analisis Status Nitrogen Tanah dalam Kaitannya Dengan Serapan N Oleh Tanaman Padi Sawah di Desa Waimital, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat. Agrologia. 2013;2(1).

Pangaribuan DH, Ginting YC, Saputra LP, Fitri H. Aplikasi Pupuk Organik Cair dan Pupuk Anorganik terhadap Pertumbuhan, Produksi, dan Kualitas Pascapanen Jagung Manis (Zea mays var. saccharata Sturt.). J Hortik Indones. 2017;8(1):59.

Sintia W, Hamdani D, Risdianto E. Rancang Bangun Sistem Monitoring Kelembaban Tanah dan Suhu Udara Berbasis GSM SIM900A dan Arduino Uno. J Kumparan Fis. 2018;1(2):60–5.

Febrianna M, Prijono S, Kusumarini N. Pemanfaatan Pupuk Organik Cair untuk Meningkatkan Serapan Nitrogen Serta Pertumbuhan dan Produksi Sawi ( Brassica juncea L .) Pada Tanah Berpasir. Tanah Dan Sumberd Lahan. 2018;5(2):1009–18

Khairunisa C, Triyanto D, Nirmala I. Implementasi Sistem Pengendalian Pemupukan dan Penyiraman Tanaman Otomatis Berbasis Arduino Mega 2560 Dengan Antarmuka Website. J Coding, Rekayasa Sist Komput. 2018;06(03):87–96.

Windyasari VS, Bagindo PA. Rancang Bangun Alat Penyiraman dan Pemupukan Tanaman Secara Otomatis Dengan Sistem Monitoring Berbasis Internet Of Things. In: Seminar Nasional Sains, Teknologi, dan Sosial Humaniora UIT 2019. 2019.

Sinaga A, Aswardi. Rancangan Alat Penyiram dan Pemupukan Tanaman Otomatis Menggunakan RTC dan Soil Moisture Sensor Berbasis Arduino. JTEIN J Tek Elektro Indones. 2020;1(2):150–7.

KBBI. Kamus [Internet]. 2021 [cited 2021 Mar 26]. Available from: https://kbbi.kemdikbud.go.id/.

Setiadi D, Abdul Muhaemin MN. Penerapan Internet Of Things (IoT) Pada Sistem Monitoring Irigasi (Smart Irigasi). Infotronik J Teknol Inf dan Elektron. 2018;3(2):95.

Shofa D, Dewi DT, Satito A. Hasil Wawancara Kelompok Tani Sumber Rejeki. Semarang; 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jrm.v16i1.2062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekayasa Mesin

_____________________________________________________________________

   

Publisher:

Mechanical Engineering Department, Politeknik Negeri Semarang (Semarang State Polytechnic)
Address: Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang
Email: jurnalrekayasamesin@polines.ac.id
WA: 085669661997

_____________________________________________________________________

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a License Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 Internasional.

View Statistics