Performa Mesin Plastic Melter Kapasitas 15 - 20 Liter

Muhammad Wildan Ainul Fulha, Viktor Naubnome, Kardiman Kardiman

Abstract


Jumlah sampah plastik yang terus meningkat setiap tahunnya membuat kita harus terus melakukan pembaharuan dalam mengatasinya. Daur ulang sampah merupakan hal yang harus dilakukan agar sampah plastik dapat menjadi bahan yang lebih berguna. Oleh sebab itu dilakukan pembuatan mesin plastic melter sebagai salah satu alat mendaur ulang sampah plastik. Mesin plastic melter kapasitas 20 liter ini merupakan alat yang dapat melelehkan sampah plastik menjadi pasta yang dapat di cetak sesuai kebutuhan. Pada penelitian ini penulis membuat mesin plastic melter dengan motor listrik dan thermocontrol agar memudahkan penggunaan dari mesin tersebut. Mesin ini berbentuk tabung dengan pemanas kompor dimana plastik dipanaskan dan di aduk dengan mixer yang di gerakkan motor listrik. Mesin ini memiliki dimensi 712x500x1100mm dengan motor listrik 1 HP dengan putaran 2800rpm yang di redusi 70rpm. Mesin plastic melter ini dapat mencapai suhu 200° celcius dalam waktu 9 menit.

Keywords


sampah plastik; rancang bangun; peleleh plastik

Full Text:

PDF

References


Wawan, S., “DLHK Kab.Karawang Akan Siapkan Aturan Untuk Mengurangi Sampah Plastik,” Dinas Likungan Hidup Kab.Karawang, 2020. [Online]. Available: https://karawangkab.go.id/berita/dlhk-kabkarawang-akan-siapkan-aturan-untuk-mengurangi-sampah-plastik-0. [Diakses 29 Maret 2020].

Suprianto, J., Reengineering Untuk Meningkatkan Prestasi Kerja Mesin Mixer Batako. Jurnal Reengineering Untuk Meningkatkan Prestasi Kerja Mesin Mixer Batako. 2013; P. 02.

Loria, D.P., Analisis Tekno Ekonomi Pengelolaan Sampah Plastik Sebagai Bahan Baku Pembuatan Bata. Indonesia: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau; 2019. P. 03.

Riyanto, S., Analisis Kinerja Mesin Plastic melter Dengan Motor Listrik Bervariable Speed Sebagai Penggerak Adukan. Indonesia: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta; 2019. P. 03.

Mustopa, A., Analisis Sifat Mekanik Dan Fisis Paving Block Dari Sampah Plastik Dengan Sistem Press Pneumatik. Indonesia: Universitas Singaperbangsa Karawang; 2019. P 30.

Robiyansyah, Perancangan Mesin Pencacah Pelepah Sawit Untuk Pakan Ternak Sapi. Indonesia: Universitas Pasir Pengaraian; 2015.

Siswanto, R., Pengolahan Limbah Plastik Di Wilayah Kel. Cempaka Menggunakan Mesin Pelumer Plastik. Jurnal Teknik Mesin; 2020. vol. VII. pp. 61-69.

Ullrich, K.T., Eppinger, S.D., Perancangan dan Pengembangan Produk. Indonesia: Salemba Teknika; 2001.

Yudha, V., Rancang Bangun Mesin Perajang Singkong dengan Pendorong Pegas. Indonesia: Jurnal Quantum Teknika; 2020. Vol. 2 No. 1. P. 20-26.

Sitari, R., Rancang Bangun Mesin Pencacah Plastik Sistem Rotari Kapasitas 10 Kg/Jam. Indonesia: Politeknik Negeri Padang;2017.

Suga, K., Sularso. Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin. Indonesia: Pradny Paramita; 1997.

Sonawan, H., Perancangan Elemen Mesin Edisi Revisi: Indonesia. Alfabeta; 2014.

Zulfikar, M., Rancang Bangun Punch Dan Die Pada Mesin Pres Dengan Variasi Sudut Untuk Menekuk Plat. Indonesia: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara; 2019

Burlian, F., Rancang Bangun Alat Penghancur Sampah Botol Plastik Kapasitas ±33 Kg/Jam. Indonesia: Seminar Nasional Teknoka; 2019. Vol. 4. ISSN No. 2502-8782.

Tadeus, D.Y., Deskripsi Teknis Pengendali Temperatur Industri Sebagai Bagian Dari Sistem Regulasi Temperatur. Indonesia: Gema Teknologi; 2018. Vol. 20 No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jrm.v16i1.2010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Rekayasa Mesin

_____________________________________________________________________

   

Publisher:

Mechanical Engineering Department, Politeknik Negeri Semarang (Semarang State Polytechnic)
Address: Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang
Email: jurnalrekayasamesin@polines.ac.id
WA: 085669661997

_____________________________________________________________________

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a License Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 Internasional.

View Statistics