Analisa Investment Casting Perannya untuk Reparasi Towing Beam Kapal Tunda dengan Metode Elemen Hingga
Samuel Febriary Khristyson, Sulaiman sulaiman, Riend Prahasti
Abstract
Negara kepulauan dapat memanfaatkan laut sebagai media transportasi dan termasuk dalam sarana transportasi dengan kriteria ekonomis dan terjangkau. Sehingga armada pelabuhan di kota-kota pesisir sangat membantu dalam proses loading dan shifting kapal-kapal dengan ukuran besar untuk berlabuh ke sebuah dermaga. Bagian dari kapal tunda yang memiliki peran untuk mengatur dan menarik tali tambang adalah bagian konstruksi towing beam .Konstruksi ini berbahan plat dapat mengalami deformasi akibat beban statis ketika menerima tegangan dari tali tambat yang di hubungkan kepada kapal tongkang. Salah satu upaya untuk memberikan pembaharuan adalah dengan bahan cor, dengan modern investment casting. Sebelum dilakukan pembuatan model castingnya maka perlu dilakukan analisa pada bagian towing beam yang menjadi bagian kekuatan agar menciptakan desain yang optimal dengan metode elemen hingga. Tujuan penelitian ini untuk membandingkan penerapan investmentcasting pada reparasi towing beam kapal tunda dapat menjadi peluang usaha baru bagi industri manufaktur serta faktor-faktor yang perlu diperhatikan pada saat proses investment casting. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam produksi dengan sistem Investment Casting :konsep desain dari model lilin, penggunaan material, akurasi dimensi, jenis densitas materialnya, lapisan ketebalan dari cetakan, serta model support untuk menahan selama proses pengecoran. Dari hasil analisa tegangan maksimum untuk membuat desain yang optimal dari casting pada daerah pengamatan luar adalah 180.12 N/mm2 dan pada daerah pengamatan dalam adalah 143.34 N/mm2 .Sedangkan untuk penerapan investment casting pada produksi towing beam kapal tunda dapat menjadi peluang usaha baru bagi industri manufaktur karena dapat mempersingkat waktu dengan man power yang sama sebesar 52% atau selisih estimasi waktu 15 jam setara dengan 2,5 hari kerja. dan memperingan biaya fabrikasi bagi industri galangan kapal sehingga mereduksi biaya reparasi 41 % yaitu mengurangi biaya fabrikasi dan quality repair cost
Mechanical Engineering Department, Politeknik Negeri Semarang (Semarang State Polytechnic) Address: Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang Email: jurnalrekayasamesin@polines.ac.id WA: 085669661997