Computational Tahanan Kapal Untuk Menentukan Daya Mesin Utama Kapal Ikan 5 GT

Sarwoko, (Program Studi DIII Teknik Perkapalan, Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro), Budhi Santoso, (Jurusan Teknik Perkapalan, Politeknik Negeri Bengkalis)

Abstract


Variabel utama dalam menentukan daya mesin utama kapal adalah tahanan kapal yang dihasilkan oleh bentuk lambung kapal. perhitungan tahanan kapal dapat dilakukan dengan menggunakan perhitungan matematis. Penelitian ini bertujuan menentukan tahanan total kapal dan memperkiraan kebutuhan daya mesin kapal ikan 5 GT. Kapal 5 GT di redesain untuk mendapatkan sebuah model dengan menggunakan software naval Architecture. Model yang didapatkan berikutnya dilakukan perhitungan tahanan kapal dan kebutuhan daya kapal dilakukan. Metode perhitungan tahanan kapal menggunakan metode holtrop. Hasil analisa tahanan kapal dilihat dari beberapa variasi kecepatan untuk melihat bentuk aliran yang dihasilkan. Pada kecepatan dinas maksimal 15 knots menunjukan tahanan total kapal adalah 2.8 kN dan kebutuhan dayanya adalah 35,7 Hp.

Kata Kunci :tahanan kapal”, “kapal ikan”, “power mesin”

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32497/rm.v14i1.1450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rekayasa Mesin

Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Semarang, Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang

Telpon (024) 7478384; Fax : (024) 7472396;

Http://www.polines.ac.id/rekayasa, Http://www.jurnalrekayasame.blogspot.com

Email : jur.rekayasa@gmail.com

View My Stats