PENGARUH DAYA TARIK PROMOSI, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E-MONEY PADA MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI SEMARANG

Cynthia Syerin Perdana Putri, Jati Handayani, Tribekti Maryanto Agustinus

Abstract


The purpose of this study is to analyze the effect of promotional attractiveness, user-friendliness, and security on the interest in using e-money either simultaneously or partially in Semarang State Polytechnic students. The population of this study were all Semarang State Polytechnic students. The sample selection method used convenience sampling with 100 respondents in this study. The data were analyzed using multiple linear regression with the help of SPSS 25. The results of this study indicate that simultaneously or partially promotional attractiveness, ease of use, and security have a significant effect on interest in using electronic money among Semarang State Polytechnic students. It shows that promotions are carried out to attract students, ease of use and security attract users to switch to e-money especially in the digital era

Keywords


Promotions Attractiveness; User Friendliness; Security; Interest in Using E-Money

Full Text:

PDF

References


Adiyanti, A. I. dan Pudjihardjo, M. 2015. Pengaruh Pendapatan, Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Daya Tarik Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan E-Money. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 3(1).

Ahmad. dan Bambang S.P. 2014. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan, dan Ketersediaan Fitur terhadap Minat Ulang Nasabah Bank dalam Menggunakan Internet Banking pada Program Layanan Internet Banking BRI. Jurnal Studi Manajemen, 8(1), 1-11.

Akmaliyah, D. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pembelian Ulang Kartu E-Money Bank Mandiri. Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Almuntaha, E. 2008. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengadopsian Teknologi Internet Banking oleh Nasabah di Indonesia. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Bachriansyah, R.A. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Ponsel Nokia (Studi Kasus pada Masyarakat di Kota Semarang). Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Chazar, C. 2015. Standar Manajemen Keamanan Sistem Informasi Berbasis Iso/Iec 27001:2005. Jurnal Informasi, 7(2), 48-57.

Damghanian, H., Zarei, A. dan Kojuri, M.A.S. 2016. Impact of Perceived Security on Trust, Perceived Risk, and Acceptance of Online Banking in Iran. Journal of Internet Commerce, 15(3), 214 – 238.

Departemen Komunikasi. 2020. Apa itu Uang Elektronik. Bank Indonesia Edukasi. https://www.bi.go.id/id/edukasi/Pages/Apa-itu-Uang-Elektronik.aspx. diakses tanggal 20 maret 2020 pkl. 10.00 WIB.

Dzulhaida, R., Rifaldi, R. dan Giri, W. 2015. Analisis Minat Masyarakat terhadap Penggunaan Layanan E-Money Di Indonesia Dengan Menggunakan Model Modifikasi Unified Theory of Acceptance and Use Technology 2 (Utaut 2). Majalah Ilmiah UNIKOM, 15 (2), 155-166.

Firdauzi, I. 2017. Pengaruh Kemampuan Finansial, Kemudahan, dan Perilaku Konsumen terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 6 (1), 77-87.

Firmansyah, dan Dacholfany, I. 2018. Uang Elektronik dalam Persepektif Islam. Lampung: CV. IQRO.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Istiarni, P.R.D., dan Hadiprajitno, P.B. 2014. Analisis pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kredibilitas terhadap Minat Penggunaan Berulang Internet Banking dengan Sikap Penggunaan sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris: Nasabah Layanan Internet Banking di Indonesia). Diponegoro Journal of Accounting, 3 (2), 1-10.

Jogiyanto, H.M. 2009. Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi.

Jayani, D., H. 2019. Transaksi Uang Elektronik Melonjak 209,8% pada 2018. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/23/transaksi-uang-elektronik-melonjak-2098-pada-2018 diakses tanggal 20 maret 2020 pukul. 10.00 WIB

Kotler, P. Amstrong, G. 2001. Prinsip- prinsip Pemasaran Jilid 1, Prentice Hall Inc, Englewood Clifts, New Jersey: Erlangga.

Kusuma, H. dan Susilowati, D. 2007. Determinan Pengadopsian Layanan Internet Banking Perspektif Konsumen Perbankan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, 11 (2), 125-139.

Nisaputra, R. 2017. 6 Alasan e-Money Lebih Aman Dibanding Uang Tunai. Info Bank News. https://infobanknews.com/etalase/tips-and-trick/6-alasan-e-money-lebih-aman-dibanding-uang-tunai/ diakses tanggal 20 maret 2020 pukul. 10.00 WIB.

Novitasari, I. 2016. Pengaruh Kecocokan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kenyamanan terhadap Minat Penggunaan E-money. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 3(2).

Nontunai. 2017. Mengenal Gerakan Nasional Non Tunai. Nontunai. www.nontunai.com/kenali/mengenal-gnnt/ diakses pada tanggal 2 Maret 2020 pukul.10.00 WIB

Peraturan Bank Indonesia Nomor 20/6/PBI/2018 tanggal 4 Mei 2018 tentang Uang Elektronik (Electronic Money).

Ramadhan, A. F., Prasetyo, A.B., dan Irvana, L. 2016. Persepsi Mahasiswa dalam Menggunakan E-Money. Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis, 3(2), 131-145 .

Surat Edaran Bank Indonesia No. 11/11/DASP tanggal 13 April 2009 perihal Uang Elektronik (Electronic Money).

Saraswati, A.N. 2021. Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Money di Kalangan Generasi Millenial (Studi pada Masyarakat Kecamatan Medan Baru). Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Sari. I. 2019. Pengaruh Kemudahan, Manfaat Penggunaan Teknologi, Fitur Layanan Dan Keamanan, Terhadap Minat Menggunakan E- Money, Dengan Sikap Penggunaan Sebagai Variabel Intervening. Skripsi: IAIN Salatiga.

Shahnaz, N.B.F., dan Wahyono. (2016). Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli di Toko Online. Managemant Analysis Journal, 5(4), 389-399.

Sujarweni, V.W. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sumarwan, U. dan Tjiptono, F. 2018. Strategi Pemasaran dalam Perspektif Perilaku Konsumen. Bogor: IPB Press.

Sumarwan, U. 2014. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sunyoto, D. 2012. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: Refika Aditama.

Siyoto, S. dan Ali, S. 2015. Dasar Metodologi Penelitian.Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Utami, S.S., dan Kusumawati, B. 2017. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Penggunaan E-Money (Studi Pada Mahasiswa STIE Ahmad Dahlan Jakarta). Balance Economic Business, Management and Accounting Journal, 14(2), 29-41 .

Umar, H. 2003. Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta: Ghalia.

Venkatesh, V., dan Davis, F.D. 2000. A Theoretical Extension of the Technology Aceptance Model: Four Longitudinal Field Studies. Management Sciences, 46(2), 186-204.

Zulqurnain, S. 2017. Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Pada Mahasiswa Universitas Gadjah Mada). Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/keunis.v9i2.2856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 The Author(s)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

KEUNIS
P-ISSN: 2302-9315
E-ISSN: 2714-7274

Adress:
Finance and Banking Diploma Program
Politeknik Negeri Semarang
Jl. Prof. H. Soedarto S.H., Tembalang, Semarang Postal Code 50275

AboutFor AuthorFor Reviewer
-Focus and Scope-Online Submission-Reviewer User Manual
-Editorial Team-Author Guideline 
-Peer Reviewer-Template (Indonesia / English)For Editor
-Indexing-How to Submit Article -Editor User Manual
-Contact  

Flag Counter

Web Analytics View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License