ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENABUNG PADA PT BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK. CABANG SEMARANG

Novita Himatul Ulya, Embun Duriany Soemarso, Moch. Abdul Kodir

Abstract


This research aims to determine the significance of the variables influence the product quality, service quality and trust of the customers saving interest at PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Cabang Semarang. This study uses primary data with questioner and secondary data. The population in this study are all savings customers at PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Cabang Semarang. The sampling technique used was purposive sampling and accidental sampling.

The analysis model used in this research is Linear Regression Analysis Model, while the data analysis techniques using the F test, t test, and coefficient of determination (R2). In addition, it also tests the quality of the data in the form of tests validity and reliability, as well as a classical assumption test with normality tests, multicollinearity tests, heteroscedasticity tests, and autocorrelation tests. Test data indicate that the data is valid and reliable and free from irregularities classical assumptions.

The analysis and discussion showed that product quality, service quality and trust simulataniously significant influence customers saving interest at PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Cabang Semarang. Variable service quality and trust partially significant influence customer saving interest, while the variable product quality not significantly influence customer saving interest at PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Cabang Semarang.

Keywords


Interest in saving; product quality; service quality; trust

Full Text:

PDF

References


Astuti, Tri dan Rr. Indah Mustikawati. 2013. “Pengaruh Persepsi Nasabah Tentang Tingkat Suku Bunga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah”. Jurnal Nominal. Volume 2. Nomor 1.

Bank Indonesia. 1998. Undang-Undang Republik Indonesia No. 10 Tahun 1998. Tentang Perbankan. Jakarta: Sinar Grafika.

Cahyani, Asih Fitri et. al. 2013. “Pengaruh Persepsi Bunga Bank dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Pada Bank BNI Syariah di Kota Semarang”. Diponegoro Journal of Social and Politic. Hal: 1-8.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

-------------------. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Hasan, Iqbal. 2010. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Khotimah, Nurul. 2018. “Pengaruh Reigiusitas, Kepercayaan, Citra Perusahaan, dan System Bagi Hasil terhadap Minat Nasabah Menabung dan Loyalitas di Bank Syariah Mandiri”. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen. Volume 5. Nomor 1. Hal: 37-48.

Kotler dan Amstrong. 2004. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Prenhallindo.

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Majalah Infobank. Mei 2018.

Majalah Infobank. Juni 2019.

Marzuki. 2005. Metodologi Riset Panduan Penelitian Bidang Bisnis dan Sosial. Edisi Kedua. Yogyakarta: Ekosiana.

Romdhoni, Abdul Haris dan Dita Ratnasari. 2018. “Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk, dan Religiusitas terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah”. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. Volume 4. Nomor 2. Hal: 136-147.

Setyawan, Yohana Neysa dan Edwin Japarianto. 2014. “Analisa Pengaruh Kepercayaan, Jaminan Rasa Aman, dan Aksebilitas terhadap Minat Menabung Nasabah Bank Danamon di Surabaya”. Jurnal Manajemen Pemasaran. Volume 2. Nomor 1.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta: ANDI Offset.

Trisnadi, Dedy dan Ngadino Surip. 2013. “Pengaruh Kualitas Produk Tabungan dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Menabung Kembali di CIMB Niaga”. Jurnal MIX. Volume 6. Nomor 3.

Umar. Husein. 2003. Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta: Ghalia Indonesia.

-----------------. 2002. Metode Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta: Ghalia Indonesia.

www.btn.co.id

Yulianti dan Ignatus Soni Kurniawan. 2016. “Pengaruh Periklanan, Kualitas Pelayanan, Jaminan Rasa Aman, dan Hubungan Masyarakat terhadap Minat Menabung pada Nasabah BMT Al Ikhwan Kantor Cabang Condong Catur”. Jurnal Manajemen. Volume 6. Nomor 2. Hal: 29-42.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/keunis.v8i1.2132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 KEUNIS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah
Keunis (Keuangan dan Bisnis)
Journal URL: https://jurnal.polines.ac.id/index.php/keunis
P-ISSN: 2302-9315

E-ISSN: 2714-7274

Alamat Redaksi:
Program Studi Keuangan dan Perbankan
Politeknik Negeri Semarang
Jl. Prof. H. Soedarto S.H., Tembalang, Semarang Kode Pos 50275

The Journal is Indexed and Abstracting by:

Google Scholar, Garuda, One Search, ROAD, PKP Index, Crossref, Neliti, BASE, WorldCat, EuroPub, Dimensions, Journal Factor

 

 


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.