Influence of Service Quality on Customer Satisfaction at the Intan Grosir Passo Store Ambon

Authors

  • Andrie Ch. Salhuteru Politeknik Negeri Ambon
  • Harold Hursepuny Politeknik Negeri Ambon
  • Alvian Sapulette Politeknik Negeri Ambon

Keywords:

service quality, customer satisfaction

Abstract

This study aims to analyze the influence of service quality on customer satisfaction at the Intan Grosir Passo Store. The underlying phenomenon is the persistent problems in the service dimension, such as late delivery of goods, slow responses to customer complaints, lack of employee knowledge regarding products, and untidy merchandise display. These conditions impact the store’s sales fluctuations and potentially lower customer satisfaction levels. Therefore, this study focused on consumers who have shopped at the Intan Grosir Passo Store with the aim of determining the extent of the influence of service quality on customer satisfaction.  The results of the regression test show the equation Y = 0.470X + e, with a coefficient of determination (R²) of 0.589, which means that 58.9% of the variation in customer satisfaction can be explained by service quality, while the remaining 41.1% is influenced by other factors outside this study. The t-test produces a t-count value of 7.375> t-table 2.024 with a significance of 0.000 <0.05, so the hypothesis is accepted. Thus, service quality is proven to have a positive and significant effect on customer satisfaction at the Intan Grosir Passo Store

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Intan Grosir Passo. Fenomena yang menjadi latar belakang adalah masih ditemukannya permasalahan dalam dimensi pelayanan seperti keterlambatan pengantaran barang, respon yang lambat terhadap keluhan pelanggan, kurangnya pengetahuan karyawan terkait produk, hingga penataan barang yang kurang rapi. Kondisi ini berdampak pada fluktuasi penjualan toko serta berpotensi menurunkan tingkat kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan pada konsumen yang pernah berbelanja di Toko Intan Grosir Passo dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan.  Hasil uji regresi menunjukkan persamaan Y = 0,470X + e, dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,589 yang berarti 58,9% variasi kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan, sedangkan sisanya 41,1% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Uji t menghasilkan nilai t-hitung 7,375 > t-tabel 2,024 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis diterima. Dengan demikian, kualitas pelayanan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Intan Grosir Passo.

References

Asiah N, Sari R, Hidayati D. 2019. Teknik Pengambilan Sampel dan Penentuan Jumlah Sampel dalam Penelitian Kuantitatif. Jakarta: 2019

Assauri,S.2022.Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 11(1),34-47.

Damongilala.Y.2021.Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Grace Mart.Skripsi. universitas (Gaja Mada).

Dwiyantono,A.2021.Pengaruh Harga,Kualitas Peroduk Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan.Skripsi.Universitas Kediri.

Erianto.2021. Analisis strategi pemasaran digital terhadap kinerja bisnis UMKM di era pandemi COVID-19.(Studi Pada Toko Roti O di Malang). Jurnal Manajemen Bisnis.Vol 8 (02),123-135.

Erianto,2023. Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Produk, dan Kualitas pelayanan Terhadap kepuasan Nasabah BNI Syariah KCP UIN SYARIF HIDAYATULLAH Jakarta. Skripsi.

Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J., & Anderson, R.E. 2019. Multivariate Data Analysis. 8th Edition. Cengage Learning.

Hasibu.H.2023.Teknik Pengumpulan Data dalam penelitian sosial,pendekatan inovatif dan implementasinya. Jurnal Metodologi Penelitian. Vol 12 (3), 150-165.

Hermawan,A.2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan.Jurnal Manajemen Bisnis.

Ilahi,M,T.Ariff Udin,M.2022.Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan.Jurnal Manajemen dan Bisnis.

Irawan.2004.Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di industri jasa. Jurnal manajemen dan Pemasaran. Vol 5(1), 45-58.

Jannah,M.2022.Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Ngemil Banana Chips. Jurnal Manajemen.

Kotle,P.Keller,K,L.2009.Manajemen Pemasaran (Marketing Management). Edisi 13. Erlangga.Jakarta

Kotler, P. Keller,K,L. 2022. Marketing Management, Upper Saddle River. NJ Person Educations. Jakarta

Lovelock,C. Wright,L.2007.Service Marketing: People Technology,Strategy. 6 th Edition.Pearson prentice Hall.

Nasution.2005. Manajemen Mutu Terpadu.Jakarta : Ghalia Indonesia.

Nurjanah.2021.Ananlisis Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan pada Perusahan Jasa.Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis. Vol 10(2),123-135.

Play.N. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Manado icon convention center. (Skripsi.universitas Gaja Mada).

Priharto.2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Perusahan Jasa Trasportasi Online ( studi kasus perusahaan maxim ). Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol, 7(1) 45-56.

Ramadhan,R,G. Sugiyono.2022.Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Café Nay Coffee Surabaya. (Skripsi Universitas Diponegoro)

Rien,R.R, Warso,M.M, Fathoni, A. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan . Jurnal of Management,2(2).

Safitri.2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan Batam City Hotel. ( Skripsi, Universitas Batam)

Saleh.M.A.,2010.Manajemen Pemasaran .Jakarta : Pustaka Pelajar.

Sambara,J.Tawas,H,T.2022.Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Store Atmosphrere Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Caffe 3. Am Koffie Spot Manado. (Skripsi Universitas Negeri Manado)

Santoso, J.B. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan,Dan Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen (Studi Pada Konsumen Geprek Bensu Rawamangun). Jurnal Akuntansi dan Manajemen.Vol 16(01),127-146.

Siswanto. Adhila.Purwo.2020. Kualitas Produk,Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada MR DIY kota Sorong. Jurnal Manajemen Bisnis. Vol 18(02).

Sudaryono.2022.Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Pemasaran, 10(1),12-25

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhendi., Sasangka.I.2014.Pengantar Bisnis.Bandung: Alfabeta

Syah, A. 2021. Manajemen Pemasaran Kepuasan Pelanggan, widina bhakti persada, Kabupaten Bandung.

Tessar,C.Suprihadi,S.2022. Analisis Indikator Kualitas Pelayanan pada Perusahaan Jas. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 11(1).45-57.

Tika M. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Tjipono dan Chandra.2011.Manajemen Pemasaran Jasa perhotelan.Edisi 1.Sudarso, Andriansan. CV Budi Utama.Yogyakarta.

Tjipono.F., Chandra,G. 2016. Kualitas Pelayanan dan Manajemen. Edisi 4. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjipono,F.2001.Strategi Pemasaran. Edisi 1.Kamil, Ardian.CV Budi Utama.Yogjakarta.

Tjipono,F.2014.Pemasaran Jasa.Andi Offset.Yogyakarta

Tjipono,F.2019. Pemasaran Jasa CV Andi OFFSET. Yogyakarta.

Lovelock,C. dan Wirtz,J.2011.Services Marketing : People, technology,strategy. Person Education .

Ulinnuha L.2020. Pengaruh Kualitas,Lokasi, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Klontong Ibu Titik Mlarak.( Skripsi lain Ponogoro).

Yuana.A.,2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada pengguna jasa JNE cabang Surabaya (Skripsi, Universitas Airlangga)

Downloads

Published

2025-10-23