The Analysis Influence of Brand Image, Brand Awareness and Brand Trust On Decisions Using Delivery Services PT ID Express Central Java

Thutur Pangestu, Suwardi Suwardi, Suryadi Poerbo

Abstract


This study aims to determine the effect of brand image, brand awareness and brand trust on the decision to use the delivery service of PT ID Express Central Java. Data collection methods used in the study were observation, questionnaires and literature studies. The questionnaire scale in this study used a Differential Semantic Scale with the form of the scoring technique carried out in this study was a minimum of 1 and a maximum of 10. The sample in this study was 100 consumers of PT ID Express Central Java who were selected using the accidental sampling technique. The data analysis technique used was multiple linear regression. The results show that partially or simultaneously brand image, brand awareness, brand trust had a significant positive effect on the decision to use the delivery service of PT ID Express Central Java with an influence contribution of 56%. This means that in improving the decision to use services for consumers, it is necessary to increase brand associations, especially the formation of a positive brand image, increase brand awareness through effective marketing management, and memorable services in order to create high confidence in the company's brand.


Keywords


Brand Image, Brand Awareness, Brand Trust, Customer satisfaction

Full Text:

PDF

References


Achmad, Gusti Noorlitaria & Rahmawati. 2020. Analisis Pengaruh Threat Emotion Konsumen, Brand Trust dan Corporate Image Pada Keputusan Penggunaan Jasa. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan. Volume 13, Nomor 1, hal 49-62. p-ISSN: 1979-3650, e-ISSN: 2548-2149.

Adiwidjaja, Adrian Junio & Zeplin Jiwa H. Tarigan. 2017. Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse. Jurnal AGORA Vol. 5, Nomor 3.

Agus, Erwan Purwanto & Ratih Sulistyastuti. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif untuk Administrasi Publik dan Masalah-Masalah Sosial. Yogyakarta: Gava Media.

Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Andani, Erika. 2016. Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada Ezytravel.co.id. Naskah Publikasi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie.

Andriani, Deni. 2019. Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Marketplace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar. Naskah Publikasi Universitas Muhammadiyah Makassar.

[APJII] Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2020. Laporan Survei Internet APJII 2019-2020 (Q2). Indonesia Survey Center. [Diunduh tanggal 13 Agustus 2021].

Asnain, Khafid & Widiartanto. 2021. Pengaruh Brand Image, Brand Awareness dan Product Quality Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Asus (Studi Pada Konsumen Laptop ASUS di Plasa Simpang Lima Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. X, No. I, hal 813-822.

[BPS] Badan Pusat Statistik. 2019. Statistik E-Commerce 2019. [Diunduh pada tanggal 13 Agustus 2021].

Endriani, Dwi. 2018. Pengaruh Brand Image dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pengguna Jasa J&T Express di Bandar Lampung). Naskah Publikasi UIN Raden Intan Lampung.

Fatikhyaid, Mohamad. 2018. Pengaruh Brand Image, Brand Awareness dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pengguna Smartphone Merek Samsung (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma). eā€“Jurnal Riset Manajemen. Hal 93-107.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariet Dengan Program SPSS. 25 Edisi 9. Semarang: Badan Penerbitan Universitas Diponegoro.

Hasbun, B dan Ruswanty, E. 2016. Komperansi Antara Kelompok yang Melihat Iklan dan Tidak Melihat Iklan dengan Moderasi Brand Awareness Terhadap Niat Beli (Studi Pada Commuter Line). Journal of Business Studies, Volume 2, Nomor 1, hal 2-4.

Junia, Yusi Intan. 2020. Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Pocari Sweat di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, Volume 5, Nomor 4, hal 360-363.

Kotler, Philip & Gary Amstrong. 2014. Principles of Marketing 14th Edition. Terjemahan Bob Sabran Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management 15th Edition. Terjemahan Bob Sabran Jakarta: Erlangga.

Mutiara, Sagita. 2019. Pengaruh Brand Image, Brand Awareness dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saus ABC (Studi Kasus Supermarket Maju Bersama Kecamatan Medan Barat Kota Medan). Naskah Publikasi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Nugroho, Prasetyo Adi. 2016. Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Notebook Asus (Survei Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo). Naskah Publikasi Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Pelupessy, Merry M. 2018. Analisis Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Besi Putih di Kota Ambon. Jurnal SOSOQ, Volume 6 Nomor 1.

Putra, Widiansyah. 2018. Pengaruh Desain, Kualitas Produk, Harga, Merek, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslim pada Galeri Elzatta Palembang Square Mall. Naskah Publikasi UIN Raden Fatah.

Rachmawati, Siska Dwi & Anik Lestari Andjarwati. 2020. Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pengguna JNE Express di Surabaya Selatan). e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, Volume VII, Nomor 1, hal 25-29. ISSN : 2355-4665.

Rifaldi, M. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Busana Muslim Semoga Indah Jaya Medan. Naskah Publikasi Universitas Medan Area.

Sanusi, A. 2014. Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Keempat. Jakarta: Salemba Empat.

Sarwono, J. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Schiffman & Kanuk. 2014. Perilaku Konsumen Edisi 7. Jakarta: Indeks.

Statista. 2019. Pengguna dan Tingkat Penetrasi E-Commerce di Indonesia 2017-2023.https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/10/tren-pengguna-e-commerce-2017-2023 [diunduh tanggal 13 Agustus 2021].

Sudarso, A. 2018. Pengaruh Kesadaran Merek dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen untuk Membeli di CV Panda Bakery. Jurnal Manajemen Pemasaran. Volume 2, Nomor 1.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V Wiratna. 2019. The Master Book Of SPSS. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Sujarweni, V Wiratna. 2018. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi: Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Sujarweni, V Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta : Paper Plane.

Tjiptono, Fandy & Anastasia Diana. 2016. Pemasaran Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra. 2016. Service, Quality and Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Wirdaini, Maulidia. 2018. Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Promosi, dan Word of Mouth Terhadap Proses Keputusan Pembelian pada Konsumen Toko Online Muslimarket.com di Universitas Islam Negeri Syarih Hidayatullah Jakarta. Naskah Publikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/ab.v22i3.3236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats