KAJIAN PROMOSI DALAM PEMBENTUKAN OPINI CALON MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI SEMARANG
inayah Inayah, Iwan Hermawan, Jozef Bambang Tri Joga, Luqman Khakim
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bentuk media promosi dalam pembentukan opini calon mahasiswa Politeknik Negeri Semarang (Polines), dan mengetahui hubungan antara promosi dengan opini calon mahasiswa Polines. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan responden sebanyak 90 calon mahasiswa Polines TA 2017/2018 yang dikelompokkan berdasarkan kriteria pola seleksi masuk yaitu melalui jalur undangan, jalur kerjasama, dan jalur ujian tulis. Penelitian ini menghasilkan bahwa dari ketiga media promosi yang paling efektif adalah personal selling,kemudian advertising, dan terakhir sales promotion dalam membentuk opini calon mahasiswa. Semakin banyak promosi mengenai informasi mengenai Polines yang diterima calon mahasiswa maka akan semakin positif pula opininya mengenai Polines