Error Analysis Essay Mahasiswa Manajemen Businis Internasional Guna Peningkatan Kompetensi Penulisan Skripsi dengan Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.32497/ab.v18i3.1218Abstract
Tujuan penelitian ini mendeteksi dan kemudian memetakan jenis-jenis kesalahan bahasa Inggrisyang dilakukan oleh mahasiswa prodi MBI 4 A dan B jurusan Administrasi Bisnis dalam
menulis naskah Bahasa Inggris. Responden yang dilibatkan adalah 33 mahasiswa. Mereka
diberi tugas membuat karangan mengenai topik bisnis sepanjang 2 halaman. Hasil koreksian
menunjukkan kelemahan yang harus ditangani. Berdasarkan hasil pemetaan kelemahan
tersebut, maka dibuatkan modul pelatihan untuk penguatan pemahaman dan praktek
mahasiswa.. Modul diurai berdasar kesalahan yang dibuat dan diberikan ke masing-masing
mahasiswa yang membuat kesalahan di unsur-unsur itu.. Mereka diminta membuat perbaikan
atas tulisan pertama mereka. Hasil pertama dan kedua dibandingkan dan dilakukan uji beda.
Kesalahan gramatikal yang sering dilakukan mahasiswa adalah pengunaan verb tense,
Conjunction, Passive Voice, Auxiliary, dan relative pronoun. Modus kesalahan yang sering
muncul dengan dua kali kesalahan pada aspek pengunaan verb tense, Conjunction, Passive
Voice, Auxiliary, dan relative pronoun. Melalui pelatihan yang kontinyu, terarah, dan tersistim,
maka mahasiswa akan mempunyai bekal lebih baik guna menulis skripsi mereka
Downloads
Published
2018-10-19
Issue
Section
Articles
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.