Error Analysis Essay Mahasiswa Manajemen Businis Internasional Guna Peningkatan Kompetensi Penulisan Skripsi dengan Bahasa Inggris
Abstract
Tujuan penelitian ini mendeteksi dan kemudian memetakan jenis-jenis kesalahan bahasa Inggris
yang dilakukan oleh mahasiswa prodi MBI 4 A dan B jurusan Administrasi Bisnis dalam
menulis naskah Bahasa Inggris. Responden yang dilibatkan adalah 33 mahasiswa. Mereka
diberi tugas membuat karangan mengenai topik bisnis sepanjang 2 halaman. Hasil koreksian
menunjukkan kelemahan yang harus ditangani. Berdasarkan hasil pemetaan kelemahan
tersebut, maka dibuatkan modul pelatihan untuk penguatan pemahaman dan praktek
mahasiswa.. Modul diurai berdasar kesalahan yang dibuat dan diberikan ke masing-masing
mahasiswa yang membuat kesalahan di unsur-unsur itu.. Mereka diminta membuat perbaikan
atas tulisan pertama mereka. Hasil pertama dan kedua dibandingkan dan dilakukan uji beda.
Kesalahan gramatikal yang sering dilakukan mahasiswa adalah pengunaan verb tense,
Conjunction, Passive Voice, Auxiliary, dan relative pronoun. Modus kesalahan yang sering
muncul dengan dua kali kesalahan pada aspek pengunaan verb tense, Conjunction, Passive
Voice, Auxiliary, dan relative pronoun. Melalui pelatihan yang kontinyu, terarah, dan tersistim,
maka mahasiswa akan mempunyai bekal lebih baik guna menulis skripsi mereka
yang dilakukan oleh mahasiswa prodi MBI 4 A dan B jurusan Administrasi Bisnis dalam
menulis naskah Bahasa Inggris. Responden yang dilibatkan adalah 33 mahasiswa. Mereka
diberi tugas membuat karangan mengenai topik bisnis sepanjang 2 halaman. Hasil koreksian
menunjukkan kelemahan yang harus ditangani. Berdasarkan hasil pemetaan kelemahan
tersebut, maka dibuatkan modul pelatihan untuk penguatan pemahaman dan praktek
mahasiswa.. Modul diurai berdasar kesalahan yang dibuat dan diberikan ke masing-masing
mahasiswa yang membuat kesalahan di unsur-unsur itu.. Mereka diminta membuat perbaikan
atas tulisan pertama mereka. Hasil pertama dan kedua dibandingkan dan dilakukan uji beda.
Kesalahan gramatikal yang sering dilakukan mahasiswa adalah pengunaan verb tense,
Conjunction, Passive Voice, Auxiliary, dan relative pronoun. Modus kesalahan yang sering
muncul dengan dua kali kesalahan pada aspek pengunaan verb tense, Conjunction, Passive
Voice, Auxiliary, dan relative pronoun. Melalui pelatihan yang kontinyu, terarah, dan tersistim,
maka mahasiswa akan mempunyai bekal lebih baik guna menulis skripsi mereka
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.32497/ab.v18i3.1218
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats