PEMBERDAYAAN KEWIRAUSAHAAN WANITA MELALUI MODAL SOSIAL

Utami Tri Sulistyorini

Abstract


Pada umumnya para wanita mendirikan suatu usaha berdasarkan pada alasan ekonomi bukan pada keinginan untuk menciptakan sesuatu yang unik dan diminati oleh pasar. Hal ini memerangkap mereka untuk menciptakan produk yang selalu sama dari waktu ke waktu, sehingga pasar mengalami kejenuhan dan usaha merekapun gulung tikar. Ketika ekonomi rumah tangga dijadikan oleh para wanita sebagai alasan pendirian usaha mereka, maka tanpa disadari mereka menghalangi tumbuhnya kewirausahaan dalam usaha mereka, yang menjadi landasan tumbuh kembangnya usaha melalui penciptaan produk inovatif yang berlangsung terus menerus dan berkesinambungan. Hal ini disebabkan karena kewirausahan merupakanmanifestasikemampuandankemauan individual, untukmenciptakanpeluangbaru, melalui penciptaan produk baru. Faktor penentu keberhasilan pembangunan kewirausahaan wanita yang berdampak pada inovasi produk adalah modal sosial.Dapat dikatakan bahwa modal sosial merupakan sumberdaya aktual dan potensial yang dihubungkan dengan kepemilikan jejaring hubungan (structural social capital) yang terdapat trust (relational social capital), dan keiklasan untuk berbagi visi (cognitive social capital) atau hubungan yang saling menguntungkan bagi para wirausaha wanita. Hubungan sosial ini merupakan sumberdaya yang bernilai untuk melakukan pertukaran sosial maupun ekonomi, yang menimbulkan aset kolektif yang menguntungkan bagi para wirausaha wanita.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32497/ab.v18i2.1211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats