Sistem Informasi dan Pemantauan Dini Terhadap Jentik-Jentik Nyamuk Secara Online Di Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Semarang

Helmy, Sarono Widodo, Yulita Intan Permatasari

Abstract


Kegiatan pemantauan jentik-jentik nyamuk sering diadakan warga untuk menekan penyebaran demam berdarah. Selama ini kegiatan pemantauan dikoordinir oleh warga setiap minggu. Warga yang bertugas memantau jentik mendatangi setiap rumah dan mencatat ada jentik atau tidak di kertas rekap. Hasil rekap diberikan ke RT, setiap RT memberikan rekap ke RW dan setiap RW memberikan rekap ke kelurahan. Proses ini sangat tidak efisien dan memakan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem yang mengifisienkan proses ini secara online. Hasil rekap dapat dilihat secara langsung oleh RT, RW dan kelurahan saat warga mengisi data jentik. Sistem dibangun menggunakan PHP-MySQL dan AJAX. Pelaku sistem dapat mengakses melalui web di PC maupun di perangkat mobile secara online. Objek lokasi penelitian berada di Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem dapat mengefisienkan proses pendataan rekap jentik-jentik nyamuk dan mempermudah pelaku sistem mendapatkan data rekap jentik-jentik nyamuk. 


Keywords


Jentik nyamuk; Pemantauan online

Full Text:

PDF

References


B. Hariyana, ―Pengembangan Sistem Informasi Surveilans Epidemiologi Demam Berdarah Dengue untuk Kewaspadaan Dini Dengan Sistem Informasi Geografis di Wilayah Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara (Studi Kasus di Puskesmas Mlongo I),‖ Universitas Diponegoro, 2007.

R. N. Andy, ―Perancangan Sistem Informasi Demam Berdarah Dengue di Dinas Kesehatan Kota Surakarta,‖ Universitas Sebelas Maret, 2010.

Widyawati, I. F. Nitya, S. Syaukat, R. P. Tambunan, and T. E. B. Soesilo, ―PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI EFEKTIF MEMPREDIKSI POTENSI DEMAM BERDARAH DI KELURAHAN ENDEMIK,‖ MAKARA, Kesehatan, vol. 15, no. 1, pp. 21–30, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.