Aplikasi Sensor Flow Water Untuk Mengukur Penggunaan Air Pelanggan Secara Digital Serta Pengiriman Data Secara Otomatis Pada PDAM Kota Semarang

Amin Suharjono, Listya Nurina Rahayu, Roudlotul Afwah

Abstract


PDAM merupakan perusahaan daerah yang memberikan jasa penyediaan air kepada pelanggan yang membutuhkan. PDAM menyalurkan air ke pelanggan melalui pipa reservoir. PDAM mengecek jumlah penggunaan air pada masing-masing pelanggan setiap bulan dengan mengirimkan petugas ke rumah pelanggan untuk mengecek dan mencatat jumlah penggunaan air melalui meter air. Meter air yang digunakan PDAM masih bersifat analog sehingga pelanggan mengalami kesulitan dalam pembacaan jumlah penggunaan air. Karena cara pengecekan yang masih bersifat manual dan alat yang masih bersifat analog, maka di rancanglah suatu alat yang dapat mengukur penggunaan air secara digital serta dapat mengirimkan data jumlah penggunaan air secara otomatis ke PDAM. Sehingga PDAM dan pelanggan akan lebih mudah mengecek jumlah penggunaan air setiap bulan. Alat ini dirancang menggunakan sensor flow water yang akan mengukur debit air yang mengalir ke pipa reservoir pelanggan dan hasil pengukuran akan diolah oleh mikrokontroller AVR Atmega 8535. Data akan diolah dan ditampilkan pada LCD serta di transmisikan ke PDAM melalui modem GSM. PDAM dan pelanggan dapat mengakses data ini melalui website yang telah disediakan. 


Keywords


Sensor flow water, Mikrokontroler AVR Atmega 16, Modem GSM, Server Hosting

Full Text:

PDF

References


Sabakingkin, Rauf. 2011.Alat ukur volume air dan penghitung tarif pada water meter PDAM. Tugas akhir. Yogyakarta: Jurusan Teknik Elektro UMY.

Badan Standarisasi Nasional. 2008. Spesifikasi Meter Air Minum (ISO 4064-1: 2005, MOD). Bandung.

Musbikhin. 2011. Pengertian Sensor dan Macam-macam Sensor. http://www. musbikhin.com/pengertian-sensor dan-macam-macam-sensor. (01 April 2013).

Supriyanto. 2007. Fisika Untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Phibeta.

Sungkono. 2006. ―Pemanfaatan Hall Effect Sebagai Penghitung Konsumsi Air‖. Jurnal ELTEK. Volume 04, Nomor 01, Malang.

http://www.seeedstudio.com/wiki/G1'1/4_Water_Flow_s ensor. (6 Desember 2012).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.