Alat Pendeteksi Dini Terhadap Kebocoran Gas LPG

Bambang Eko Soemarsono, Evi Listiasri, Gilang Candra Kusuma

Abstract


LPG (Liquefied Petroleum Gas) merupakan bahan bakar alternatif berupa gas yang menghasilkan emisi polusi jauh lebih sedikit dibandingkan emisi dari yang dihasilkan oleh bahan bakar minyak. Oleh sebab itu pemerintah memberlakukan program konversi dari minyak tanah ke gas LPG. Namun bahan bakar gas LPG mempunyai tingkat resiko untuk meledak jauh lebih besar dari pada bahan-bakar minyak. Sudah banyak kasus ledakan tabung gas LPG terutama tabung gas LPG yang terjadi di Indonesia. Beberapa sistem keamanan mulai dikembangkan untuk mengatasi perihal tersebut, salah satunya yaitu sensor deteksi kebocoran gas LPG. Perancangan sistem yang dikembangkan untuk penelitian ini menggunakan komunikasi nirkabel, sehingga penanggulangan bahaya kebocoran gas dapat diantisipasi lebih dini. Dalam rancang bangun perangkat ini terdiri dari sensor pendeteksi gas LPG HS-133 yang berfungsi mendeteksi kadar gas pada udara, sinyal sensor analog diubah menjadi digital oleh ADC dan diolah oleh mikrokontroler ATMega 8535 untuk memberikan perintah pengaktifan buzzer serta SMS (Short Message Service), sehingga dengan alat ini diharapkan dapat menanggulangi resiko kebakaran akibat kebocoran gas LPG. 


Keywords


komunikasi nirkabel, Short Message Service

Full Text:

PDF

References


Nalwan, Paulus Andi. 2004. Panduan Praktis Penggunaan Dan Antarmuka Modul LCD M1632. Jakarta : Elex Media Komputindo

Suprayitno, 2009. Artikel tentang ―Perancangan dan Realisasi Alat Pendeteksi Konsentrasi(kandungan) Gas LPG‖, Perpustakaan Institut Teknologi Telkom. Bandung.

Winoto, Ardi, (2008). Mikrokontroler AVR ATmega8/16/32/8535 dan Pemrogramannya dengan Bahasa C pada WinAVR,

Wardana, Lingga. 2006. Belajar Sendiri Mikrokontrloer AVR Seri ATMega8535 Simulasi, Hardware, dan Aplikasi. Yogyakarta : Penerbit Andi.

http://www.scribd.com/doc/30246762/Gsm. Tanggal unduh : 19 April 2011.

http://pdf1.alldatasheet.com/datasheet-pdf/view/50861/ FAIRCHILD/CD4052BCN/ +_0J73UwYhRDpKxHepKwY.DMOb+/ datasheet.pdf : di unduh tanggal 22 Juni 2011


Refbacks

  • There are currently no refbacks.