PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN NASABAH KREDIT SERBA BISA PADA PD. BPR BKK KOTA SEMARANG PERIODE JUNI 2019

Ika Puspita Ardani, Jati Handayani

Abstract


This purpose of this research is to analyze the effect of service quality, product quality, and price on customer satisfaction of Credit Serba Bisa at PD. BPR BKK Kota Semarang Period June 2019. This research is a causal applied quantitative research. The types of data used in this study are primary and secondary. Methods of data collection using questionnaires, interviews, and observation. The sampling technique used was purposive sampling technique with a sample of 100 respondents. Data testing methods used in this study are validity test, reliability test, normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, autocorrelation test, multiple linear regression test, F test, t test, test the coefficient of determination R2 which shows can be used to measure customer satisfaction. The analytical method used in this study is multiple linear regression using SPSS 25. The results of the F test show that the quality of service, product quality, and price simultaneously have a significant effect on customer satisfaction on Credit Serba Bisa in PD. BPR BKK Kota Semarang. Furthermore, the t test results showed that service quality, product quality, and price partially had a significant effect on customer satisfaction of Credit Serba Bisa at PD. BPR BKK Kota Semarang.

Keywords


Customer Satisfaction; Service Quality; Product Quality; Price

Full Text:

PDF

References


Bilgies. 2016. “Peran Kualitas Produk, harga, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Billagio Scincare Clinic Sidoarjo”. Jurnal EkoNiKa. Volume 1, Nomor 1, April.

Duriany, Embun Soemarso. 2011. Etika Pelayanan Jasa Keuangan. Semarang: Polines.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: SeriPustaka Kunci.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Hidayat, Rachmad. 2009. Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah bank mandiri. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 11, No. 1, Maret.

Infobank. 2018. Bank Berkinerja Terbaik, Jakarta: Infobank. Juli.

Kasmir. 2002. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Kotler dan Keller. 2008. Manajemen Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Lumempow, dkk. 2015. “Analisis Faktor-faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Mandiri Tbk Cabang Bahu Mall Manado”. Jurnal EMBA. Volume 3, Nomor 3, September.

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Markoni. 2011. “Pengaruh Dimensi Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan”. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis. Edisi ke-IV, November.

Nazir, Moh. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Novia dan Sutrisna. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Expedisi di Pekanbaru (Studi PT. JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) Pekanbaru)”. Jom FISIP. Volume 4, Nomor 2, Oktober.

Prasetio. 2012. “Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan”. Management Analysis Journal 1 (4).

Rafica. 2016. “Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Kanca Ponorogo”. Jurnal JIBEKA. Volume 10, Nomor 1, Agustus.

Ratnasari dan Aksa. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Riyadi. 2012. Pemasaran Jasa. Semarang: MediAN Polines.

Saputra, Angga Mardian. 2015. “Peran Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Kepuasan Nasabah Kredit Usaha Rakyat Mikro (Studi Kasus PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Kudus)”. Tugas Akhir. Semarang: Jurusan Akuntansi Polines.

Sarjono, Haryadi dan Winda Julianita. 2011. SPSS vs LISREL Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Simamora, Bilson. 2004. Riset Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Subarjo, 2012. “Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Kredit Pada BUKP Nanggulan”. Jurnal Sosihumaniora. Volume 3, Nomor 3, Yogyakarta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supranto, J. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Suputra dan Mandala. 2014. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Kredit Multiguna Terhadap Kepuasan Nasabah Kredit Multiguna Terhadap Kepuasan Nasabah Kredit Pada PT. BPR HOKI Cabang Denpasar”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Bali.

Suwarni dan Mayasari. 2011. “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen”. Jurnal Ekonomi Bisnis. Nomor 1, Maret.

Tika, Moh. Pabundu. 2006. Metodologi Riset Bisnis. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Umar, Husein. 2003. Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Usman, Husaini dan Purnomo S. Akbar. 2003. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahjono, Sentot Imam. 2010. Manajemen Pemasaran Bank. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Worodiyanti dan Maspiyah. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Elladerma Skin Care Malang”. E-Journal. Volume 5, Nomor 1, Juli.

Yulinda. 2013. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Kredit Sumut Sejahtera I Pada PT Bank Sumut Cabang Utama Medan”. Jurnal Ekonom. Volume 16, Nomor 1, Sumatera Utara.

http://bkkkotasemarang.co.id/




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/keunis.v8i1.2131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 KEUNIS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

KEUNIS
P-ISSN: 2302-9315
E-ISSN: 2714-7274

Adress:
Finance and Banking Diploma Program
Politeknik Negeri Semarang
Jl. Prof. H. Soedarto S.H., Tembalang, Semarang Postal Code 50275

AboutFor AuthorFor Reviewer
-Focus and Scope-Online Submission-Reviewer User Manual
-Editorial Team-Author Guideline 
-Peer Reviewer-Template (Indonesia / English)For Editor
-Indexing-How to Submit Article -Editor User Manual
-Contact  

Flag Counter

Web Analytics View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License