Aplikasi Pembelajaran Membaca Dan Menghafal Al-Qur’an Hadits Bagi Anak “ALHAFIDS” (Al-Qur’an Hadits For Kids) Berbasis Android

wahyu sulistiyo, Idhawati Hestiningsih, Durrotun Nasekhah

Abstract


Al-Qur’an dan Hadits merupakan sumber hukum islam. Mengajarkan Al-Qur’an dan Hadits pada anak dapat dilakukan dengan cara mengenalkan, memperdengarkan, dan menghafalkan. Evaluasi bacaan diperlukan agar orangtua atau guru mengetahui sejauh mana perkembangan hafalan anak serta mampu mengoreksi bacaan-bacaan yang telah dihafalkan. Dengan memanfaatkan kepopuleran aplikasi dan game, Alhafids  dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran untuk melatih membaca dan menghafal Al-Qur’an beserta Hadits pada anak usia Sekolah Dasar dengan metode yang menyenangkan dan efektif. Pada penelitian ini dikembangkan sebuah aplikasi pembelajaran Al-Qur'an Hadits dengan menggunaan program Eclipse. Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk pembelajaran membaca dan menghafal Al-Qur’an Hadits dengan cara yang lebih menyenangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode waterfall, dimana langkah yang dilakukan secara berurutan mulai dari tahap Analisis dan Definisi, Perancangan sistem, Implementasi dan pengujian unit, integrasi dan pengujian unit, integrasi dan pengujian sistem, dan tahap terakhir yaitu operasi dan pemeliharaan. Isi materi yang terdapat pada aplikasi ini yaitu surat-surat Al-Qur'an Juz 30 dan 20 Hadits pendek untuk anak. Dengan adanya aplikasi Alhafids ini diharapkan dapat mempermudah pengguna khususnya anak-anak untuk belajar dan menghafal Al-Qur'an beserta Hadits. Aplikasi ini telah diuji coba dengan hasil tingkat kepuasan pengguna untuk responden anak-anak adalah 90,24% dan tingkat kepuasan pengguna untuk guru adalah 85,55%.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jtet.v5i2.724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

08112782211
jtet@polines.ac.id

 
 Creative Commons License