Implementasi Sistem Point of Sale (POS) dan Customer Relationship Management (CRM) Menggunakan Enterprise Resource Planning Pada UKM Zahira Sprei

Bayu Setyo Nugroho, Allveriska Rahma, Grendis Marzha Amelya, Intan Dwi Yuniarti, Loren Dwi Sekar Arum, Reitha Alya Pramudia

Abstract


Perkembangan teknologi informasi menjadi semakin banyak digunakan dalam kehidupan dunia bisnis, tidak terkecuali UMKM Zahira Sprei. Zahira Sprei adalah usaha manufaktur yang bergerak di bidang pembuatan kebutuhan rumah tangga, yaitu seprai dan bed cover. Dalam penelitian terhadap Zahira Sprei, hal pertama yang dilakukan adalah mengidentifikasi masalah melalui observasi dan wawancara. Dari studi lapangan yang dilakukan, didapat permasalahan bahwa sistem penjualan produk di Zahira Sprei masih terbatas dalam penggunaan teknologi, sehingga dibutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses penjualan tersebut. Rekap data produk dan data transaksi masih dilakukan secara manual yang mengakibatkan terjadinya kehilangan data dan kesulitan dalam mencari data. Selanjutnya, dilakukan analisis perancangan sistem yang kemudian diimplementasikan secara langsung. Aplikasi atau software yang dapat dipakai dalam memecahkan permasalahan tersebut adalah Odoo. Odoo merupakan software berbasis Enterprise Resource Planning (ERP) yang digunakan untuk manajemen kompleksitas perusahaan. Modul yang dikembangkan pada Zahira Sprei diantaranya modul Point of Sales (PoS) dan Customer Relationship Management (CRM). Modul Point of Sales (PoS) digunakan untuk membuat sistem penjualan pada Zahira Sprei agar lebih profesional, akurat, dan memudahkan pada proses penjualan. Dengan modul Customer Relationship Management (CRM), diharapkan dapat membantu dalam membangun dan mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan. Hasil yang didapat dari pengimplementasian aplikasi tersebut adalah sistem Odoo dapat mengintegrasi seluruh data perusahaan. Penggunaan sistem Odoo dapat mengatasi permasalahan Zahira Sprei yang meliputi pengelolaan pemesanan produk, pembayaran produk, dan hubungan dengan pelanggan.

 

Kata kunci : Point of Sales, Customer Relationship Management, Enterprise Resource Planning (ERP), Odoo

Full Text:

PDF

References


H. Fatoni Efendi and A. Aditya, “Business Process Analysis and Implementation of Odoo Open Source ERP System in Inventory, Purchasing and Sales Activities (Case Study: Captain Gadget Store) Analisis Proses Bisnis dan Penerapan Sistem ERP Odoo Open Source Pada Aktivitas Persediaan, Pembelian dan Penjualan (Studi Kasus: Captain Gadget),” 2022.Available: https://pssh.umsida.ac.id.

B. S. Nugroho, A. P. Mafaza, Mohammad, M. A. Dzalfajri, R. Rizkiyanto, and S. W. Setianingrum, “Implementation of Supply Chain Management Using ERP Odoo (Case Study of PT Mas Arya Indonesia),” 2023.doi:https://doi.org/10.99075/ijevss.v2i02.261.

B. S. Nugroho, E. Purnamasari, T. Prahara, and M. Ayuwardani, “Penerapan Strategi Kaizen Production dan Integrated Digital Marketing Untuk Meningkatkan Produktivitas dan Penjualan Tanaman Hias,” Surya Abdimas, vol. 6, no. 2, pp. 361–370, 2022, doi: 10.37729/abdimas.v6i2.1736.

S. Sugiyanta, B. S. Nugroho, S. Marhaeni, E. Purnamasari, and M. Ayuwardani, “Integrated Digital Marketing Sebagai Solusi Peningkatan Pendapatan Makanan Kecil Khas Daerah (MKKD) Sentra Industri Brem Wonogiri,” Surya Abdimas, vol. 7, no. 1, pp. 94–104, Jan. 2023, doi: 10.37729/abdimas.v7i1.2438.

L. Cahya Putri and suhendi, “Analisis Dan Implementasi Erp Pada Modul Point Of Sale Studi Kasus Toko Tas Apidah,” Jurnal Informatika Terpadu, vol. 7, no. 1, pp. 1–7, 2021, [Online]. Available: https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/JIT

Y. E. Demilda, A. Arvianto, and Z. F. Rosyada, “Implementasi Software Odoo Dengan Menggunakan Modul Accounting, Inventory, Purchase, Dan Point of Sales Pada Toko Al Hikmah Mart (Ah Mart) Di Bogor Jawa Barat,” 2022.

I. K. Suabdinegara, G. A. Ayu Putri, and I. M. S. Raharja, “Reengineering Proses Bisnis Toko Oleh-Oleh Menggunakan Enterprise Resource Planning Odoo 13 dengan User Acceptance Test sebagai Metode Pengujian Sistem, ”JURNAL Media Informatika Budidarma, vol. 5, no. 4, p. 1488, Oct. 2021, doi: 10.30865/mib.v5i4.3271.

T. al Mudzakir and A. Bakar, “Desain dan Implementasi Customer Relationship Management Berbasis WEB (Studi Kasus:Toko Baju Ladya),” 2020.

R. D. Permatasari, N. F. Ariyani, and A. Munif, “Rancang bangun API untuk Odoo ERP Modul CRM (Customer Relationship Management),” Jurnal Teknik ITS, vol. 8, no. 2, 2019.

B. S. Nugroho, H. Utami, M. Ayuwardani, and N. Adie Setyawan, “Knowledge Sharing and Employee Performance: the mediating role of Organizational Learning,” Admisi dan Bisnis, vol. 23, no. 2, pp. 155–164, 2022, doi: http://dx.doi.org/10.32497/ab.v23i2.3786.

B. S. Nugroho, “Human Resource Performance Improvement Model Design (Case Studi in the Biggest Central Java Automotive Company),” Admisi dan Bisnis, vol. 22, no. 1, pp. 47–60, 2021, doi: http://dx.doi.org/10.32497/ab.v22i1.2489.

K. Douglas Hoffman and John E.G. Bateson, Services Marketing Concepts, Strategies, & Cases. 2006.

B. S. Nugroho, G. N. Ardiana, G. N. Ramadhani, K. I. Pandugo, M. J. B. Gintings, and R. M. F. Akbar, “Reengineering Proses Bisnis UD. Multi Snack Menggunakan Enterprise Resource Planning Odoo,” Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management, vol. 6, no. 1, pp. 190–203, Feb. 2023, doi: https://doi.org/10.37112/bisman.v6i1.2494.

N. Suroija, M. Asrori, and B. S. Nugroho, “Strategi Pengembangan Ekowisata Dengan Model Pentahelix Pada Karang Jahe Beach Kab Rembang,” May 2022, Accessed: May 12, 2022. [Online]. Available: https://jurnal.polines.ac.id/index.php/Sentrikom/article/view/3415

N. Suroija, M. Asrori, B. S. Nugroho, and E. Sulistiyani, “Pentahelix Model For The Development Of Ecotourism Karang Ginger Beach Punjulharjo Village, Rembang Regency,” International Journal of Education, Business and Economics Research (IJEBER), vol. 2, no. 6, pp. 134–145, 2022, Accessed: Dec. 27, 2022. [Online]. Available: http://ijeber.com/#




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jtet.v11i3.5391

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.32497/jtet.v11i3.5391.g109099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

08112782211
jtet@polines.ac.id

 
 Creative Commons License