Aplikasi E-Travel Multi Channel

Anisa Sulistiawati, Kurnianingsih, Sukamto

Abstract


Bisnis di bidang travel semakin berkembang saat ini dengan adanya kemajuan teknologi. Selama ini, pelanggan melakukan pemesanan melalui telepon atau datang langsung ke agen travel, sehingga staf travel harus mengelola banyak data transaksi secara manual dengan kertas. Hal lain seperti kesibukan orang perkotaan, kemacetan lalu lintas di kota menyebabkan pelanggan kesulitan untuk datang langsung ke agen travel. Selain itu, banyaknya pelanggan yang datang ke agen travel mengakibatkan resiko kesalahan yang tinggi dalam transaksi. Sedangkan pemesanan melalui telepon beresiko ketidakakuratan data karena salah penulisan oleh staf. Dengan adanya aplikasi e-travel multi channel ini diharapkan mampu memfasilitasi pelanggan kota maupun pedesaan agar lebih mudah dalam pemesanan produk tour travel, maka dibuatlah penelitian yang berjudul Aplikasi E-Travel Multi Channel. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah merancang dan membangun sistem e-travel menggunakan teknologi website dan android untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan. Metodologi yang digunakan dalam perancangan sistem aplikasi ini menggunakan metodologi waterfall. Aplikasi e-travel multi channel ini dibuat dengan menggunakan framework codeigniter untuk web dan pemrograman android untuk aplikasi mobile android. Pengujian aplikasi dilakukan melalui website dan aplikasi mobile android oleh user. Hasil dari pengujian tersebut menunjukkan prosentase kepuasan user sebesar 80,1%. Dengan kata lain aplikasi e-travel multi channel mudah digunakan oleh user.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jtet.v2i3.44

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.32497/jtet.v2i3.44.g44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

08112782211
jtet@polines.ac.id

 
 Creative Commons License