Implementasi Digital Assessment Center Untuk Meningkatkan Efektivitas Proses Asesmen
Abstract
Era globalisasi saat ini mendorong perusahaan untuk memiliki pegawai yang produktif, termasuk diantaranya kandidat pemimpin yang akan menggerakkan roda perusahaan agar mampu mempertahankan eksistensi di dunia industri. Salah satu cara yang digunakan untuk memilih kandidat pemimpin yang tepat adalah melalui metode assessment center. Metode ini dipercaya dapat mengukur kompetensi individu dengan tingkat reliabilitas tertinggi dibanding metode asesmen lainnya. Perkembangan dunia bisnis dan industri saat ini mendorong setiap perusahaan untuk bisa menyesuaikan diri. Salah satu bidang yang sedang berkembang pesat adalah penggunaan teknologi. Teknologi digunakan hampir di seluruh bidang pekerjaan untuk meningkatkan akurasi, efisiensi dan efektivitas pekerjaan. Dalam upaya menghadapi dan menyesuaikan diri terhadap tantangan tersebut, PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Assessment Centre berupaya melakukan terobosan yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas proses assessment center, salah satu tugas pokok yang diberikan perusahaan. Pelaksanaan assessment center yang semula dengan cara paper and pencil test diubah menjadi metode digital. Fase digitalisasi dimulai dengan mengintegrasikan seluruh proses assessment center, mulai dari proses administrasi asesi, pelaksanaan simulasi yang interaktif dan user-friendly, pemantauan proses kerja asesor, pengolahan data asesi, scoring hasil kompetensi asesi, hingga akhirnya pemantauan kinerja asesor yang terlibat dalam suatu proses assessment center. Infrastruktur berupa website yang sudah ada sebelumnya turut mendukung kelancaran proses digitalisasi yang dilakukan. Program assessment center dalam bentuk digital tersebut dinamakan Digital Assessment Center. Digital Assessment Center telah diimplementasikan sejak Juli 2020 hingga saat ini. Sejak implementasi tersebut, telah didapatkan berbagai manfaat bagi perusahaan pada umumnya, dan PLN UPAC pada khususnya. Manfaat tersebut diantaranya meningkatkan skalabilitas, efisiensi dalam hal waktu dan biaya pelaksanaan assessment center, serta meningkatkan keterlibatan stakeholder yang terkait assessment center. Termasuk juga peningkatan citra perusahaan dalam hal pelaksanaan assessment center. Melihat berbagai manfaat yang telah didapatkan, dengan demikian, implementasi Digital Assessment Center ini dipandang perlu untuk dilanjutkan dan terus dikembangkan sehingga semakin efektif dalam pelaksanaannya dan secara tidak langsung juga turut mendukung peningkatan produktivitas perusahaan.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.32497/jtet.v9i3.2223
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.32497/jtet.v9i3.2223.g107290
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
: 08112782211 | |
: jtet@polines.ac.id |