Analisis Bentuk Muka Gelombang Impulse Petir pada Generator Impuls RLC dan RC Menggunakan PSim

Abdul Syakur, S.T., M.T., Agnes Manik Sari Utami, Bayu Setyo Wibowo

Abstract


Salah satu pemanfaatan tegangan tinggi impuls adalah untuk pengujian peralatan tenaga listrik dan penyelidikan mekanisme tembus listrik bahan isolasi. Tegangan yang dihasilkan mencapai nilai lebih dari 1000 kilovolt. Di laboraturium, pembangkitan tegangan impuls dapat dilakukan dengan menggunakan generator RLC dan RC. Keluarannya berupa gelombang eksponensial ganda yang berbentuk menyerupai tegangan impuls. Pada makalah ini dirancang rangkaian pembangkitan tegangan impuls berbasis rangkaian RLC dan RC yang bisa digunakan untuk praktikum Teknik Tegangan Tinggi. Masing-masing rangkaian RLC dan RC disusun untuk menghasilkan tegangan impuls petir yang sesuai standart IEC 60060-1. Pada rangkaian pembangkitan tegangan impuls RLC, perubahan nilai resistansi akan berbanding lurus dengan nilai tegangan keluaran yang dihasilkan dan berbanding terbalik dengan durasi waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak gelombang. Perubahan nilai induktansi pada rangkaian berbanding terbalik dengan nilai tegangan maksimal yang dihasilkan, namun semakin besar nilai induktansi pada rangkaian membuat durasi waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak gelombang semakin cepat. Sementara perubahan nilai kapasitansi pada rangkaian berbanding lurus dengan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak gelombang, namun berbanding terbalik dengan nilai tegangan keluaran yang dihasilkan. Pada rangkaian pembangkitan tegangan impuls RC dengan mengubah nilai resistansi semakin akan mempengaruhi waktu mula dan tegangan maksimal pada impuls tersebut, sehingga semakin kecil nilai resistansi maka semakin besar nilai tegangan maksimalnya dan mempercepat waktu puncak. Rangkaian pembangkit tegangan tinggi impuls RLC menghasilkan tegangan impuls maksimal yang lebih besar dari rangkaian pembangkit tegangan tinggi impuls RC dengan tegangan masukan yang sama

Full Text:

PDF

References


. Fernando, Dian Dedy. “Rancang Bangun Pembangkitan Tegangan Tinggi Impuls Menggunakan Rangkaian RlC” Laporan Tugas Akhir, Universitas Lampung. 2019.

. Bimatara, Topan. “Kinerja Rangkaian RLC Dan RLC Dalam Pembangkitan Tegangan Tinggi Impuls” Laporan Tugas Akhir, Universitas Diponegoro. 2016.

. Tobing, Bonggas L, Dasar Teknik Pengujian Tegangan Tinggi, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2003.

. Kind, Dieter, Pengantar Teknik Eksperimental Tegangan Tinggi. Bandung,. Indonesia: ITB, 1993.

. Salam, Mazen Abdel, dkk , High Voltage Engineering Theory and Practice. Second Edition, Revised, expanded, Marcel Dekker, Basel, 2000.

. Wadhwa, C. L. High Voltage Engineering. Second Edition. New Delhi: New Age International (P) Limited, Publisher. 2007.

. Purba, Irpan Logitra. “Perancangan Pembangkit Tegangan Tinggi Impuls Untuk Mengurangi Jumlah Bakteri pada Susu Perah” Laporan Tugas Akhir, Universitas Diponegoro. 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jtet.v9i1.1880

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.32497/jtet.v9i1.1880.g106835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

08112782211
jtet@polines.ac.id

 
 Creative Commons License